Pengembangan Bahan Ajar Cai Ipa Dengan Pendekatan Integrative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

SUDI DUL AJI, SUDI (2014) Pengembangan Bahan Ajar Cai Ipa Dengan Pendekatan Integrative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika Terapan IV Departemen Fisika,. ISSN ISSN :2407-2281

[img]
Preview
Text
Pengembangan Bahan Ajar Cai Ipa Dengan Pendekatan Integrative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Abstrak Pada era globalisasi kemajuan teknologi komunikasi dan informasi berkembang begitu pesat, hal ini membawa perubahan pada setiap aspek kehidupan, termasuk pada sistem pendidikan dan pembelajaran. Sehingga diperlukan terobosan dan inovasi baru dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan memanfaatkan multimedia dalam menyampaikan materi ajar. Salah satu bahan ajar multimedia tersebut adalah Computer Assisted Instuction (CAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar CAI dengan pendekatan Integrative Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jenis penelitiannya adalah penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Sukmadinata. Tahapannya meliputi; 1) Studi Pendahuluan, 2) Pengembangan Produk, dan 3) Uji Produk. Data kualitatif diambil dari instrumen yang diberikan oleh ahli materi, ahli media, dan keterbacaan bahan ajar oleh siswa, sedangkan data kuantitatif adalah hasil tes belajar siswa sebanyak 72 siswa. Analisis data menggunakan uji t dan melihat dampaknya menggunakan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar CAI IPA ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran di SMP dengan capaian nilai validator materi 3,81, capaian nilai validator media 3,65, dan dari siswa 3,31. Uji efektivitas produk pengembangan bahan ajar CAI IPA dilihat dari nilai rerata kelas eksperimen 75,42, sedangan nilai rerata kelas kontrol 60,54. Setelah dilakukan Uji t taraf signifikansi 0,05 diperoleh �ℎ����� 5,794 > ������ 1,99, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar siswa yang menggunaan bahan ajar CAI IPA dibandingkan dengan hasil belajar siswa secara konvensional. Kekuatan penelitian ini adalah bahan ajar CAI IPA yang dikembangkan lebih effektif dan effisien, dalam waktu yang sama, siswa akan belajar lebih cepat, menguasai materi dan mengingat lebih banyak dari apa yang sudah dipelajari. Kelemahannya adalah diperlukan dukungan software dan hardware yang memadai untuk menggunakannya. Kata Kunci: CAI, Integrative Learning

Item Type: Article
Subjects: Sains dan Teknologi > Artikel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr SUDI DUL AJI
Date Deposited: 20 Feb 2017 07:59
Last Modified: 20 Feb 2017 07:59
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1002

Actions (login required)

View Item View Item