Marsitin, Retno and Sesanti, Nyamik Rahayu (2016) Seminar Nasional Universitas Kanjuruhan Malang 2016. In: Seminar Nasional Universitas kanjuruhan Malang 2016, 12 September 2016, Universitas Kanjuruhan Malang.
|
Text
Semnas PENELITIAN 2016 - Gabung.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Matematika Project Based Learning melalui Tiket Kuliah dengan Kecerdasan emosional dalam mata Kuliah Matematika disktrit. Kualitas pendidikan di lngkungan perguruan tinggi perlu ditingkatkan melalui pembelajaran, terutama pembelajaran matematika. Salah satu upaya inovasi pembalajaran matematika yaitu pembelajaran matematika Project Based Learning dengan melalui tiket kuliah dan mengendalikan kecerdasar emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran matematika Project Based Learning melalui tiket kuliah dengan kecerdasan emosional dalam matakuliah matematika diskrit. Pendekatan kuliah dengan pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistik, dengan rancanganpenelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Kanjuruhan Malang. pengumpulan data meliputi tes, lebar kerja mahasiswa, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. keabsahan dengan triangulasi dan analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika Project Based Learning melalui tiket kuliah dengan kecerdasan emosional dalam matakuliah matematika diskrit mendapat respon positif dari mahasiswa dan menunjukkan peningkatan dalam nilai hasil akademik mahasiswa. Hai ini di tunjukkan dengan data yang di peroleh yaitu keberhasilan akademik mahasiswa dengan ketercapaian 83% dan respon mahasiswa dengan ketercapaian 80% serta ketercapaian kecerdasan emosional dengan 70%.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | NYAMIK RAHAYU SESANTI |
Date Deposited: | 24 Mar 2017 04:58 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 02:15 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1053 |
Actions (login required)
View Item |