Wulandari, Tri Candra and Rahayu, Sri (2016) PENERAPAN WORKBOOK MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL. JIPM, 2 (6). ISSN 2882-5022 (Submitted)
|
Text
Artikel JIPM_Tri Candra_Unikama.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar masih bergantung pada buku teks dan buku kerja siswa yang juga diterbitkan oleh pemerintah. Secara umum, hal ini tampak lebih sederhana baik dari sisi guru maupun siswa, karena siswa hanya membawa satu buku yang memuat bermacam mata pelajaran. Lemahnya konsep sangat terasa pada mata pelajaran matematika. Secara terintegrasi matematika masuk dalam pelajaran tematik, namun, matematika tetap merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan pada ujian akhir sekolah. Guru yang mempersiapkan ujian akhir harus bekerja keras mengulang konsep mulai dari kelas 1 hingga kelas 5. Oleh karena itu, perlu strategi jitu bagi para guru agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran menggunakan workbook matematika kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian 30 siswa SD kelas III di SDN Gadang I Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan workbook, rata-rata ulangan adalah 86,96, dengan skor terendah dan skor tertinggi masing-masing adalah 70 dan 100. Berdasarkan hasil yang diperoleh, workbook kontekstual yang berkaitan langsung dengan tema 7 yaitu sumber energi dapat diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas III di SDN Gadang I Malang. Kata kunci: workbook, matematika, kontekstual
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | TRI CANDRA WULANDARI |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 02:53 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 02:16 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1066 |
Actions (login required)
View Item |