Hariyani, Sri (2016) KATEGORISASI KESALAHAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP OPERASI PEMBAGIAN PECAHAN. Prosiding Seminar Nasional, 4 (1). p. 409. ISSN 2088-6179
|
Text
Publikasi Artikel Prosiding.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Di sekolah menengah pertama, konsep pecahan diajarkan dengan penekanan pada melatih daya nalar, dan kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Namun demikian, masih ditemukan beberapa kesalahan dalam memahami konsep pecahan. Kesalahan konsep pecahan tersebut pada tataran dasar akan mengakibatkan munculnya kesalahan-kesalahan yang lebih besar bahkan lebih kompleks pada tingkat selanjutnya. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi kesalahan siswa sekolah menengah pertama dalam memahami konsep operasi pembagian pada pecahan. Oleh karenanya, penelitian ini dimaksudkan untuk mengkategorisasikan kesalahan siswa sekolah menengah pertama dalam memahami konsep operasi pembagian pada pecahan. Adapun tujuan jangka panjangnya adalah meminimalkan kesalahan pemahaman terhadap konsep operasi pembagian pada pecahan dan konsep-konsep matematika lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini didahului dengan melakukan observasi awal, dan melakukan penelusuran pustaka yang mengkaji konsep dasar pecahan, pemahaman siswa terhadap konsep pecahan dan pembelajaran siswa pada konsep pecahan di kelas. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, wawancara dan catatan lapangan. Kategorisasi kesalahan pemahaman konsep pembagian pada pecahan dibedakan menjadi konsep operasi pembagian bilangan bulat oleh pecahan, konsep operasi pembagian pecahan oleh bilangan bulat dan konsep operasi pembagian pecahan oleh pecahan. Kata Kunci: Kategorisasi kesalaha; pemahaman; operasi pembagian pecahan ABSTRACT In middle schools, the concept of fractions are taught with an emphasis on training reasoning power, and ability to solve problems related to everyday life. However, they found some errors in understanding the concept of fractions. The concept of fractional error at the level of the base will result in the emergence of errors is greater, even more complex at the next level. The focus of this study is to identify errors middle school students in understanding the concept of division operations on fractions. Therefore, this study was intended to categorize errors of understanding students of the concept of division operations on fractions in middle school. The long-term objective is to minimize the error of understanding of the concept of division operations on fractions and other mathematical concepts. The method used in this research is a qualitative method with descriptive approach. This study was preceded by preliminary observations, and conducting literature that examines the basic concepts of fractions, observe students' understanding of the concept of fractions and learning of students on the concept of fractions in the classroom. The procedure of collecting data in this study using the test, interviews, and field notes. Categorization of misunderstanding the concept of division on fractions can be divided into a concept of the integer operating division by fractions, the fractional division operation concept by integers and fractional division operation by fractions. Keywords: Categorization; the understanding; the operating division of fractions
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SRI HARIYANI |
Date Deposited: | 09 May 2017 03:09 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 02:13 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1135 |
Actions (login required)
View Item |