PENERAPAN TEOREMA BRUNER PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI

Rahayu Sesanti, Nyamik (2015) PENERAPAN TEOREMA BRUNER PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI. Jurnal inspirasi pendidikan, 5 (2). pp. 677-684. ISSN p-ISSN:2088-9704, e-ISSN:2549-4147

[img]
Preview
Text
penerapan teorema bruner.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Trigonometri merupakan materi pendukung untuk mata kuliah lainnya, seperti kalkulus 2, kalkulus peubah banyak, kalkulus lanjut, struktur aljabar 1 dan persamaan diferensial. Oleh sebab itu, mahasiswa harus dapat menguasai konsep trigonometri secara matang agar bisa memahami mata kuliah tersebut . Selain itu materi trigonometri diberikan kepada siswa SMA di kelas X, XI, dan XII, sehingga mahasiswa sebagai calon guru harus sudah menguasainya sebagai bekal yang dapat dimanfaatkan pada saat PPL di SMA untuk semua kelas dan pada saat menjadi guru SMA. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran Teorema Bruner pada trigonometri dan mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah penerapan Teorema Bruner dalam pembelajaran trigonometri. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian terdiri 36 mahasiswa yang memiliki kemampuan heterogen. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara kuntitatif dan kualitatif. Pembelajaran yang dilaksanakan pada penelitian ini berdasarkan Teorema Bruner yaitu teorema kontruksi,teorema contras dan variasi, dan teorema koneksi. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa mampu untuk mengkonstruksi konsep dasar trigonometri dan memberikan contoh yang bervariasi dan kontras. Mahasiswa juga mampu menjelaskan kembali konsep dasar trigonometri kepada temannya. Proses koneksitas mahasiswa juga semakin meningkat dengan adanya pengajuan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan konsep dasar trigonometri. Dengan demikian hasil belajar mahasiswa juga meningkat. Kata kunci: Trigonometri, Teorema Bruner , Hasil belajar

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: NYAMIK RAHAYU SESANTI
Date Deposited: 20 Apr 2017 03:30
Last Modified: 08 Nov 2022 02:18
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item