Belajar Karakter di Kantin Kejujuran

Yulianti, Yulianti (2016) Belajar Karakter di Kantin Kejujuran. Penerbit Ediide Infografika, Malang. ISBN 978-602-74739-7-3

[img] Archive
BUKU KARAKTER-1.zip

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan karakter di sekolah dilandasi oleh sebuah kebutuhan dengan mengikuti perkembangan zaman. Banyak kasus muncul di tengah-tengah masyarakat. Ketika kasus itu bertolak dari fitrah manusia, lagi-lagi kambing hitamnya sekolah. Sekolah dianggap gagal dalam membangun mental anak bangsa. Sementara, tuntutan pendidikan begitu banyak untuk membuktikan keberhasilan suatu lembaga. Persoalan yang sering muncul adalah: ditengah hingar-bingarnya persaingan pendidikan yang dianggap berkualitas terkadang ada yang dilupakan, yaitu bagaimana membangun anak bangsa yang berkarakter. Sekolah tidak hanya mengedepankan kualitas akademik, tetapi yang tidak kalah penting juga membangun karakter anak didik. Apa artinya memiliki anak cerdas, tapi suka berbohong, tidak jujur serta berani kepada orang tua dan guru. Begitu juga sebaliknya, harapan kedepan sekolah dapat menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang handal, baik secara iman dan takwa (IMTAK) maupun ilmu dan teknologi (IPTEK). Hal ini sesuai dengan visi dan misi. Untuk itulah, untuk membangun kultur sekolah dengan landasan yang kokoh, yaitu karakter. Situasi sosial, kultural masyarakat kita akhir-akhir ini memang semakin mengkhawatirkan. Ada berbagai macam peristiwa dalam pendidikan yang semakin merendahkan harkat dan derajat manusia. Hancurnya nilai-nilai moral. Dari segi tradisi pendidikan, dibandingkan dengan negara-negara maju, kita memiliki tradisi pendidikan yang relatif masih muda. Negara kita baru membuat program pendidikan nasional secara terencana, katakanlah, baru pada pertengahan abad ke-20 ini. Para intelektual kita sebelum kemerdekaan, seperti Soekarno, Hatta, dll. sebagian besar memperoleh pendidikan dari luar negeri, khususnya di negeri Belanda. Baru setelah kemerdekaan, pada masa Orde Lama, dan khususnya pada masa Orde Baru kita memiliki sistem pendidikan nasional yang kurang lebih terprogram dan terencana.

Item Type: Book
Subjects: Sosial dan Humaniora
Sosial dan Humaniora > Buku
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: M.Pd YULIANTI
Date Deposited: 09 May 2017 03:09
Last Modified: 04 Aug 2022 12:28
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item