KESULITAN MAHASISWA DALAM PEMBUATAN MULTI REPRESENTASI GRAF

Suwanti, Vivi (2016) KESULITAN MAHASISWA DALAM PEMBUATAN MULTI REPRESENTASI GRAF. In: SEMINAR NASIONAL PENGEMBANGAN 4C’s DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA.

[img]
Preview
Text
prosiding um 4c.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://pasca.um.ac.id/seminar-nasional-pengembanga...

Abstract

Representasi memiliki peran penting dalam proses pembelajaran mata kuliah teori graf. Terdapat beberapa cara untuk merepresentasikan suatu graf baik berupa gambar, matriks keterhubungan, maupun matriks keterkaitan. Setiap representasi graf memiliki kegunaan atau manfaat tersendiri pada berbagai keperluan dalam mempelajari maupun mengaplikasikan teori graf. Akan tetapi, seringkali ditemukan adanya kesulitan yang dialami mahasiswa saat mengubah satu bentuk representasi graf ke bentuk lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kesulitan mahasiswa saat melakukan proses pembuatan multi representasi graf. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah 6 mahasiswa pendidikan Matematika yang telah dikelompokkan berdasarkan kemampuannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan muncul saat mahasiswa membuat graf dalam bentuk matriks keterhubungan dan keterkaitan. Mahasiswa juga melakukan langkah yang kurang efisien saat membuat matriks keterhubungan dari matriks keterkaitan dan sebaliknya. Mahasiswa mengubah matriks keterhubungan ke dalam bentuk gambar terlebih dahulu, baru kemudian mengubah gambar ke dalam bentuk matriks keterkaitan, dan sebaliknya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan mahasiswa pada pembuatan multi representasi graf lebih sering terjadi pada bentuk representasi matriks. Mahasiswa cenderung menggunakan bantuan representasi gambar sebagai penghubung antara matriks keterkaitan dan keterhubungan. Hal ini dikarenakan graf merupakan suatu konsep yang benar-benar baru bagi mahasiswa sehingga tahap representasi mahasiswa masih dalam proses dari ikonik menuju simbolik. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak pembiasaan bagi mahasiswa pada pembelajaran untuk menggunakan representasi graf dalam bentuk selain gambar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Sosial dan Humaniora
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: VIVI SUWANTI
Date Deposited: 08 Jun 2017 06:23
Last Modified: 08 Nov 2022 02:17
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1275

Actions (login required)

View Item View Item