nyamik, rahayu Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016. In: Seminar nasional Pendidikan Matematika Unikama.
|
Text
Semnas 2016 - Gabung.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL DENGAN PENDEKATAN CTL TERHADAP KEBERHASILAN PENGAJARAN REMEDIAL KELAS VIII ABSTRAK. Penggunaan modul untuk pengajaran remedial merupakan salah satu cara untuk membantu siswa agar lebih aktif dan mandiri dalam memperbaiki hasil belajar. Hal ini dilakukan, agar siswa mendapatkan hasil belajar sesuai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap keberhasilan pengajaran remedial (remedial teaching) kelas VIII pada mata pelajaran matematika di SMP Islam Ngebruk tahun 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan jenis rancangan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data melalui metode tes dan dokumentasi. Instrumen berupa soal objektif yang digunakan dalam pretest dan posttest. Dalam penelitian ini juga menggunakan modul dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen di SMP Islam Ngebruk semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian diperoleh bahwa skor hasil belajar remedial untuk kelas eksperimen nilai rata-ratanya sebesar 86,25 sedangkan untuk kelas kontrol nilai rataratanya sebesar 81,43. Berdasarkan rata-rata skor hasil belajar remedial di atas, bahwa hasil belajar remedial matematika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar remedial matematika siswa kelas kontrol. Kesimpulan penelitian bahwa pengajaran remedial yang menggunakan modul dengan pendekatan CTL (Contextual teaching and Learning) lebih efektif daripada hanya melaksanakan remedial tes. Saran yang diajukan adalah (1) bagi sekolah dapat menggunakan modul lebih dari satu pokok bahasan, (2) bagi guru dapat melakukan penelitian ini dengan menambah aspek afektif dan psikomotorik untuk mengukur hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan, (3) bagi peneliti lain dianjurkan memberikan perlakuan yang beda untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol, dan untuk mengganti soal-soal tes hasil belajar jika pada saat uji coba instrumen penelitian kurang memenuhi syarat. Kata Kunci: Modul dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), Pengajaran Remedial (Remedial Teaching), Hasil Belajar
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | NYAMIK RAHAYU SESANTI |
Date Deposited: | 30 Sep 2017 21:55 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 13:31 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1438 |
Actions (login required)
View Item |