Wijayanti, Rina (2017) pengasuhan dan regulasi diri anak usia dini. Prosiding seminar nasional "Penguatan kemitraan akademisi, satuan pendidikan PAUD, Keluarga dan masyarakat menuju profesionalitas . jurusan PG PAUD fakultas ilmu pendidikan universitas negeri surabaya, surabaya. ISBN 978-602-61619-0-1
|
Text
prosiding semnas.pdf Download (474kB) | Preview |
Abstract
Abstrak : Sesuai konsep UNESCO bahwa Pendidikan anak usia dini merupakan “Life long Education” , sehingga bayi sejak dalam kandungan sudah dapat diberikan pendidikan atau edukasi untuk keterampilan hidupnya.karena bayi memiliki kemampuan merespon stimulus dari luar ketika berada dalam kandungan. Dalam pengasuhan yang positif akan mampu mengembnagkan kemampuan regulasi diri anak usia dini. Mengembangkan pengasuhan yang positif dengan memberikan reinforcement, punishment dan imitasi, terhadap perilaku anak yang positif dan memberikan contoh perilaku maka hal ini merupakan strategi pengembangan regulasi diri anak usia dini. Pola asuh orangtua merupakan pola interaksi antara orang tua dan anak karena akan terjadi penerapan nilai nilai dan aturan , norma, memberikan kasih sayang, sehingga dijadikan panutan bagi anak. Regulasi diri merupakan kemampuan anak dalam memanajemen diri dan bersikap sebagai hasil dari kontrol emosi dan sikap yang ada dalam diri anak. regulasi diri merupakan kemampuan anak dalam memuasatkanperhatian, mengatur pikiran dan emosinya serta mengurangi perilkau dominan. Regulasi diri menuntut fleksibilitas dan pengendalian diri untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pada banyak anak-anak, perkembangan regulasi diri berkembang dengan sempurna hingga memasuki usia anak awal, menghabiskan waktu paling tidak tiga tahun. Anak perlu diasuh dan dibimbing karena mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan itu merupakan suatu proses yang akan terus berjalan hingga akhir hayat. Pengasuhan yang positif dan penciptaan lingkungan pengasuhan yang mendukung akan mendukung berkembanganya kemampuan regulasi diri anak usia dini dengan baik. Anak usia dini yang memiliki kemampuan regulasi diri yang optimal akan memberikan peluang keberhasilan dalam hidupnya yang lebih besar. Kata Kunci : Pengasuhan, regulasi diri.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora > Konferensi atau Workshop |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Rina Wijayanti |
Date Deposited: | 07 Mar 2018 09:01 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 02:00 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1570 |
Actions (login required)
View Item |