Suryaningtyas, Dianawati and Harinoto, Harinoto (2015) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) INTERNAL TERHADAP KOMITMEN KARYAWAN: Studi Pada BRI Cabang Kawi Malang. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Kapasitas Peneliti dalam Memasuki Fase Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), 3 (1). pp. 322-327. ISSN 2088-6179
|
Text
Prosidng 2015 Pengaruh Bu Diana.pdf Download (21MB) | Preview |
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) telah berperan menjadi sangat strategis bagi perusahaan dalam meningkatkan citra perusahaan maupun pangsa pasar. Namun tidak etis jika perusahaan tidak melakukan CSR internal terlebih dahulu sebelum melakukan CSR eksternal. Stakeholder CSR internal adalah karyawan tetap perusahaan, yang apabila diberikan pelayanan yang baik tentunya akan memiliki komitmen terhadap perusahaan. Implikasinya pada pelayanan yang memuaskan terhadap customer eksternal perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh CSR internal (pelatihan, keterlibatan dan partisipasi, remunerasi/penghargaan, keseimbangan hidup dalam bekerja, kesehatan dan keselamatan kerja) sebagai variabel independen terhadap komitmen karyawan sebagai variabel terikatnya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan F. Hasil uji t menunjukkan variabel independen yaitu pelatihan, keterlibatan dan partisipasi, remunerasi/penghargaan, dan keseimbangan hidup dalam bekerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen komitmen karyawan. Sedangkan variabel independen kesehataan dan keselamatan kerja menunjukkan hasil yang negatif yang berarti tidak berpengaruh terhadap variabel dependen komitmen karyawan. Hasil uji F menunjukkan seluruh variabel independen yang digunakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah CSR internal secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap komitmen karyawan pada BRI Cabang Kawi Malang. Kata kunci : CSR internal, komitmen karyawan, pelayanan yang baik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 03:37 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 01:19 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1654 |
Actions (login required)
View Item |