MODUL PEMBELAJARAN LIMIT DENGAN TEORI APOS

Marsitin, Retno (2017) MODUL PEMBELAJARAN LIMIT DENGAN TEORI APOS. In: Seminar Nasional Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang, 1 Agustus 2017, Universitas Kanjuruhan Malang.

[img]
Preview
Text
1718_1 Seminar hasil penelitian Unikama-retno marsitin (lengkap prosiding Agustus 2017).pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran APOS adalah pembelajaran dengan pendekatan aksi (action), proses (process), objek (object), dan skema (schema) yang disingkat dengan APOS. Melalui pembelajaran APOS diharapkan mahasiswa lebih menguasai materi limit dan mampu menyelesaikan permasalahan limit dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran limit dengan teori APOS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain penelitian pengembangan menggunakan desain pengembangan Richey dan Klein dengan model Dick dan Carey untuk tahap pengembangan materi. Desain pengembangan Richey dan Klein meliputi: analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evaluation), dan untuk model Dick dan Carey dengan langkah-langkah yaitu: mengidentifikasikan tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, analisis pembelajar dan lingkungan, merumuskan tujuan khusus, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif (melalui tes), merevisi bahan pembelajaran, dan mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif (melalui tes). Modul Pembelajaran limit dengan teori APOS yang dikembangkan divalidasi oleh ahli pembelajaran dan ahli pendidikan matematika. Modul pembelajaran limit dengan teori APOS yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba terbatas modul pembelajaran limit dengan teori APOS yang dikembangkan kepada mahasiswa menunjukkan hasil yang sangat baik dan sangat efektif. Mahasiswa lebih mudah memahami materi limit dan ketercapaian kemampuan akademik mahasiswa mengalami peningkatan sangat baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Sains dan Teknologi > Konferensi atau Workshop
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ibu MARSITIN RETNO
Date Deposited: 30 Mar 2018 15:22
Last Modified: 30 Mar 2018 15:22
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item