Natural School Curriculum Study In Order To Prevent Educational Character Education Basic School Level.

Yulianti, Yulianti (2016) Natural School Curriculum Study In Order To Prevent Educational Character Education Basic School Level. staim, http://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/educatio/article/view/106.

[img] Text
1. Unicheck Similarity Report 12539542 Natural School Curriculum Study In Order To Prevent.pdf

Download (204kB)
Official URL: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1392

Abstract

Kurikulum dan pembelajaran, merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebagai suatu rencana atau program, kurikulum tidak akan bermakna manakala tidak diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran. Demikian juga sebaliknya, tanpa kurikulum yang jelas sebagai acuan, maka pembelajaran tidak akan berlangsung secara efektif (Sanjaya: 2009). Apa yang dideskripsikan dalam kurikulum harus memberikan petunjuk dalam proses pembelajaran di dalam kelas; dan apa yang terjadi di dalam kelas merupakan masukan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penyempurnaan kurikulum. Sekolah dasar Islam (SDI) Surya Buana Malang salah satu sekolah dasar di kota Malang yang mempunyai karakter yang berbeda dengan sekolah Dinas lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa konsep sekolah alam di SD Islam Surya Buana Malang dan bagaimana implementasinya dalam mewujudkan pendidikan karakter siswa tingkat sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus observasional yang berkenaan dengan konsep pengembangan kurikulum Sekolah Alam Bilingual SDI Surya Buana Malang. Teknik pengumpulan data yaitu: (1) wawancara mendalam (2) observasi partisipan dan (3) studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah dasar Islam SDI Surya Buana Malang menerapkan kurikulum Diknas dengan mengaplikasikan konsep kurikulum sekolah alam “Triple R”, dan dalam pembinaan karakter siswa SDI Surya Buana Malang menggunakan buku penghubung antara guru dan orang tua. Kata kunci: kurikulum, sekolah alam, pendidikan karakter.

Item Type: Other
Subjects: Sosial dan Humaniora
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: M.Pd YULIANTI
Date Deposited: 21 Dec 2018 02:46
Last Modified: 04 Aug 2022 14:02
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item View Item