MODEL PENGELOLAAN POS PAUD DI WILAYAH TLOGOMAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN NON FORMAL

ani, yulianti (2016) MODEL PENGELOLAAN POS PAUD DI WILAYAH TLOGOMAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN NON FORMAL. DPPM UMM, malang.

[img] Text
4. model pengelolaan Pos PAUD di Wilayah Tlogomas Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Non Formal.pdf

Download (248kB)
Official URL: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/artic...

Abstract

Pos PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah Tlogomas berdiri mulai tahun 2007, namun perkembangan dari tahun ke tahun belum mengalami perubahan yang pesat setidaknya jika dilihat dari adanya penambahan satuan pendidikan anak usia dini sejenis yang cukup signifikan di wilayah ini seperti TK (taman kanak-kanak) ataupun KB (kelompok bermain). Ada 6 Pos PAUD di Kelurahan ini, yaitu PP. Seruni (Pos PAUD Seruni) RW 01, PP. Melati di RW 02, PP. Sri Rejeki di RW 03, PP. Mawar di RW 05, PP. Anggrek di RW 06 dan PP.Nusa Indah di RW 07. Hingga saat ini belum memperlihatkan perkembangan seperti yang diharapkan. Banyak hal yang menyebabkan lembaga pendidikan non formal ini kurang dapat berkembang, salah satunya adanya kurang komunikasi/ koordinasi antara kooordinator lembaga non formal (Pos PAUD) di dalam pelaksanaan tugas organisasi yang bersifat sosial. Selama dibentuk belum diaktifkan pertemuan rutin sebagai wadah sherring para guru dalam pelaksanaan pembelajaran maupun dalam pengelolaan lembaga Pos PAUD, kurangnya sarana belajar di Pos PAUD sehingga anak didik kadang jenuh dan enggan untuk datang, kurangnya kompetensi guru sebagai pusat pelayanan anak usia dini, hal ini dampak dari rekrutmen guru Pos PAUD berasal dari kader PKK RW setempat, tanpa mempertimbangkan kualifikasi masing-masing guru. Dari permasalahan di atas solusi yang dilakukan diantaranya adanya kegiatan awal yakni; Seminar tentang manajemen pengembangan pengelolaan Pos PAUD yang melibatkan para guru dengan pemateri dari Diknas Kota dan dibantu pihak Unit Pelaksana Teknis (UPT) TK wilayah Lowokwaru, ketua RW/RT setempat sebagi pembina dalam pelaksanaan lembaga Pos PAUD. Informasi yang diberikan berupa Juknis penyelenggaraan Pos PAUD. Dilanjudkan dengan pelatihan dan workshop guna membekali kreatifitas guru Pos PAUD dalam PBM, membantu kebutuhan dalam meningkatkan mutu belajar siswa Pos PAUD, Membantu memperbaiki penyusunan profil lembaga Pos PAUD, dan mengajak studi banding para guru Pos PAUD untuk memberinya semangat dan menambah wawasan para guru dan kader Pos PAUD guna mengaktifkan pertemuan paguyuban Pos PAUD Kelurahan Tlogomas. Kata Kunci: Pengelola Pos PAUD, Kualitas Lembaga Pos PAUD

Item Type: Other
Subjects: Sosial dan Humaniora
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: M.Pd YULIANTI
Date Deposited: 21 Dec 2018 02:50
Last Modified: 21 Dec 2018 02:50
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1815

Actions (login required)

View Item View Item