Load Balancing Pada Static Routing Guna Meningkatkan Kinerja Router Yang Sebelumnya Menggunakan Routing Information Protocol (RIP)

Yusriel, Ardian and Wiji, Setiyaningsih (2013) Load Balancing Pada Static Routing Guna Meningkatkan Kinerja Router Yang Sebelumnya Menggunakan Routing Information Protocol (RIP). MATKOM, 1 (1). pp. 9-17. ISSN 0216-3896

[img]
Preview
Text
MATKOM 2013.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Routing Information Protocol (RIP) adalah salah satu protokol routing yang banyak digunakan pada proses routing. Protokol routing memiliki karakteristik yang sama dengan protokol routing lainnya yaitu melakukan advertise pada router terdekatnya untuk update database tabel routing-nya dalam interval waktu setiap 30 detik. Hal tersebut di atas dapat dilakukan oleh setiap router, apabila semakin banyak router yang digunakan maka waktu yang dibutuhkan untuk proses update juga semakin besar. NTH merupakan salah satu metode Load Balancing ber-algoritma Round Robin yang digunakan oleh sistem operasi Mikrotik, dimana metode ini menjamin pembagian beban paket data terhadap beberapa koneksi akan adil dan merata. Karena static routing tidak melakukan advertise seperti pada RIP, maka dengan ditambahkan metode NTH Load Balancing dapat meningkatkan kinerja jaringan dalam pengiriman datanya. Pengujian penelitian menggunakan metode pengukuran secara quantitas tentang seberapa baik performance jaringan. Variabel pengukuran performance jaringan antara lain Troughtput (Downstream dan Upstream) dan waktu (DownLoad dan UpLoad). Metode penelitian dilakukan menggunakan metode ekperimental kategori Pre Experimental, dengan melakukan pengujian langsung di laboratorium dengan membandingkan antara RIP dan Load Balancing dengan topologi dan kondisi yang sama. Pada penelitian ini juga dihasilkan bahwa nilai troughtput dan waktu baik downLoad dan upLoad dipengaruhi oleh ketepatan dalam menginisialisasi parameter Every, Counter dan Packet pada NTH, jumlah koneksi terhadap Router yang akan di Load Balancing-kan, jumlah server beserta posisi server apakah berada pada satu Segment jaringan atau tidak. Kata Kunci: Network, RIP, NTH, Load Balancing, Every, Counter, Packet , Troughtput, Downstrean, Upstream.

Item Type: Article
Subjects: Sains dan Teknologi
Sains dan Teknologi > Artikel
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: YUSRIEL ARDIAN
Date Deposited: 24 Jul 2015 08:02
Last Modified: 24 Jul 2015 08:02
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item