Sakdiyah, Siti Halimatus (2018) KOLABORASI MODEL STAD dan PETA (Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar). EDUCATION JOURNAL, 2 (1). ISSN 2548-9291
Text
63-Article Text-181-1-10-20180404_4.pdf Download (777kB) |
Abstract
Pembelajaran STAD dan Peta diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun tahap-tahap model pembelajaran STAD dibagi menjadi tahap penyajian materi, tahap belajar dalam kelompok, tahap kuis dan tahap penghargaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelasIV SDN Kebonsari 1 Malang. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu 77,23% dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 87,72%, dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yaitu sebesar 10,49%. Sedangkan rata-rata nilai tes siklus I yaitu 75,45 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 89,06%, dan meningkat pada tes siklus II dengan rata-rata nilai 79,15 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 95,31%. Yang mana terjadi peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 6,25% dari siklus I. Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran STAD dan peta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Persebaran flora dan fauna.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 900 – Sejarah dan Geografi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | SITI HALIMATUS SAKDIYAH |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 12:18 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 16:33 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/2239 |
Actions (login required)
View Item |