Marsitin, Retno (2014) Implementasi Cooperative Learning Berbasis Computer dengan Pemberian Quiz dalam Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Topologi di Program Studi Pendidikan Matematika. In: Prosiding Seminar Nasional "Peluang dan Tantangan Perguruan Tinggi untuk Pengembangan Riset Berkualitas, 14 Juni 2014, Universitas Kanjuruhan Malang.
Text
Prosiding dan Sertfikat Semnas Penelitian Unikama 2014-Retno Marsitin-min.pdf Download (351kB) |
Abstract
Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan mengaitkan antara pengembangan diri dengan proses pembelajaran di kelas melalui pengalaman-pengalaman belajar yang inovatif, menantang dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangan diri di dalam proses pembelajaran adalah model cooperative learning (pembelajaran kooperatif) agar kualitas perkuliahan lebih baik. Selain pembelajaran yang inovatif, juga diperlukan upaya untuk memperbaiki sistem penilaian pada mahasiswa dengan memberikan quiz selama proses pembelajaran, sehingga kreatifitas mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan semakin berkembang baik. Untuk itu, dosen perlu memanfaat perkembangan teknologi yang semakin pesat dengan menerapkannya dalam proses pembelajaran. Implementasi pembelajaran dapat memanfaatkan teknologi yaitu computer, sehingga dapat memadukan antara metode pembelajaran dengan computer. Penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yaitu pendekatan kualitatif dan instrument penelitian dalam pengumpulan data yaitu lembar tes, lembar pengamatan dan wawancara, lembar catatan lapangan. Adapun tujuan yang akan dicapai yaitu meningkatkan kualitas perkuliahan dengan mengimplementasikan cooperative learning (pembelajaran kooperatif) dengan pemberian quiz pada mahasiswa program studi pendidikan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi cooperative learning berbasis komputer dengan pemberian quiz dapat meningkatkan kualitas perkuliahan matakuliah topologi di program studi pendidikan matematika, yang dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Kegiatan pada tahap awal yaitu menjelaskan dan mendiskusikan rencana perkuliahan meliputi gambaran pelaksanaan perkuliahan dengan pemberian quiz, sistem penilaian, metode pembelajaran, hal–hal teknis dalam pembelajaran dan diakhiri dengan pembagian kelompok mahasiswa serta lembar kerja mahasiswa. Kegiatan pada tahap inti adalah proses penerapan cooperative learning berbasis computer melalui pemberian quiz dan lembar kerja mahasiswa, diakhiri dengan presentasi hasil diskusi kelompok mahasiswa. Kegiatan pada tahap akhir adalah menyimpulkan hasil pembelajaran dan melakukan evaluasi secara lisan melalui tanya jawab dan tes. Kata kunci: Cooperative Learning, Berbasis Computer,Quiz,Kualitas Perkuliahan
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information: | Volume: 2, Nomor:1, Juni 2014 ISSN: 2088-6179 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ibu MARSITIN RETNO |
Date Deposited: | 17 Mar 2019 02:10 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 02:19 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/2370 |
Actions (login required)
View Item |