Surjati, Endang (2011) Pengaruh Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geospasial Matakuliah SIG. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1 (1). pp. 77-93. ISSN 2088-9704
Text (Artikel Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol 1 No 1, Agustus 2011)
ENDANG SURJATI_JIP_2011.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2019. Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives. Download (742kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan memecahkan masalah-masalah spasial mempunyai beberapa level klasifikasi pada taksonomi Bloom yang kompleks. Analisis spasial merupakan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan mendeskripsikan dan mengeksplorasi informasi spasial. Hasil belajar mahasiswa matakuliah Sistem Informasi Geografis masih banyak yang mendapatkan nilai kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem solving terhadap kemampuan analisis spasial mahasiswa. Metode yang digunakan dengan menggunakan analisis statistik. Analisis statistik menggunakan metode paired sampled t-test dan Level signifikan yang dipergunakan sebesar 95%. Korelasi antara pembelajaran Direct Instruction dan Problem Solving ketiga kelompok termasuk rendah dengan nilai signifikan yang kuat untuk kelompok B dan Gabungan, sedangkan lemah untuk Kelompok A. Pembelajaran Problem Solving tidak berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan memecahkan masalaha pada peserta didik Kelompok A. Pembelajaran Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah geospasial terhadap peserta didik Kelompok B dan Gabungan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora > Artikel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ENDANG SURYATI |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 08:38 |
Last Modified: | 05 Jun 2020 02:42 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/3194 |
Actions (login required)
View Item |