MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL

Sri Hariyani, SH MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL. (Unpublished)

[img] Text
[3] Abstrak Mariatul.docx

Download (13kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa kurang berani untuk mengungkapkan kesulitan yang dialaminya kepada guru dalam memahami materi aljabar yang diajarkan. Siswa pasif dalam menerima materi aljabar. Siswa juga merasa malas untuk belajar. Oleh karenanya, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Creative Problem Solving (CPS) dengan pendekatan konstektual untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang terdiri atas 2 siklus dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Ainul Yaqin yang berjumlah 25 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai guru. Prosedur pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan wawancara. Analisis data penelitian dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menghindari kesalahan dan kekeliruan data yang terkumpul dilakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi metode, ketekunan pengamat dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) dengan pendekatan konstektual baik pada aktivitas guru aktivitas, siswa maupun pada hasil tes. Pada siklus I, prosentase aktivitas guru sebesar 67,8% dan prosentase aktivitas siswa sebesar 73,3%. Pada siklus II, prosentase aktivitas guru meningkat menjadi 83,9% dan prosentase aktivitas siswa meningkat menjadi 86,6%. Adapun peningkatan pada hasil tes menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,19%, meningkat pada siklus II menjadi 89,29%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model Ceative Problem Solving pada pelajaran matematika materi bentuk aljabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Ainul Yaqin. Saran mengacu pada hasil penelitian ini diantaranya adalah perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang Ceative Problem Solving pada pelajaran matematika dengan pengembangan pada materi lainnya. Kata kunci: Model creative problem solving, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: Sosial dan Humaniora
Sosial dan Humaniora > Artikel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: SRI HARIYANI
Date Deposited: 07 Oct 2019 23:46
Last Modified: 07 Oct 2019 23:53
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/3216

Actions (login required)

View Item View Item