Jufriadi, Akhmad (2016) Pengembangan Bahan Ajar Problem Solving Disertai Isomorphic Problem Pairs Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016, 4 (1). pp. 307-313. ISSN 2088-6179
Text
Semnas Unikama 2016_Akhmad Jufriadi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Beberapa hal yang menyebabkan prestasi fisika dinilai kurang, fisika menjadi pelajaran yang sulit dimengerti dan tidak diminati siswa yaitu, sikap yang kurang baik saat belajar fisika, merasa bahwa fisika mempelajari hal yang abstrak, suasana belajar mengajar yang buruk dan tidak adanya peralatan modern yang membantu proses pembelajaran, kemampuan matematis siswa yang buruk, serta banyak guru fisika tidak menggunakan variasi metode pembelajaran. Oleh karena itu perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran matakuliah termodinamika yang dapat dilihat pada meningkatkan prestasi belajar fisika. Produk scaffolding yang dikembangkan merupakan bantuan kognitif berupa bahan ajar yang bersifat online menggunakan fasilitas edmodo yang berisi rangkuman dan latihan soal. scaffolding ini menyediakan pengarahan dalam penyelesaian masalah agar pembelajar dapat memenuhi ekspektasi yang diharapkan yaitu peningkatan prestasi belajar. Metode pengembangan yang dilakukan merujuk pada desain Borg & Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model scaffolding berbantuan edmudo efektif dalam rangka meningkatkan prestasi belajar. Disamping itu, model perkuliahan yang berbasis online dibutuhkan dosen dalam mengelola perkuliahan yang lebih baik. Pengembangan produk yang dihasilkan divalidasikan pada ahli pengembangan media pembelajaran. Prototype yang dikembangkan dalam penelitian juga menerima masukan dan saran dari pihak pengguna produk
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora > Artikel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Elaborasi Hena Dian Ayu |
Date Deposited: | 28 Dec 2019 18:19 |
Last Modified: | 28 Dec 2019 18:19 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/3287 |
Actions (login required)
View Item |