Tursini, Umi (2006) Implementation of English Education in Indonesia. Syntagma, 1 (3). pp. 235-243. ISSN 1858-4799
|
Text
SYNTAGMA 2006.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia mulai awal keberadaanya sampai saat ini. Hal yang dibahas meliputi sejarah pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia yang menunjukkan bahwa pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia pernah sangat berhasil selama era kolonialisme. Namun, ketika masa kolonialisme Jepang, pengajaran Bahasa Inggris kurang berhasil. Kemudian pada tahun 1950an, mulai menunjukkan keberhasilan lagi. Artikel ini juga membahas perkembangan kurikulum pengajaran Bahasa Inggris mulai tahun 1954 sampai tahun 2004. Implementasi pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia mengalamai berbagai kendala seperti belajar dan pembelajaran budaya, masalah motivasi, pendekatan pengajaran yang sesuai, dan kwalitas guru. Namun demikian, beberapa usaha sudah dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Pemerintah dan para praktisi pendidikan harus berusaha bersama-dama untuk mensukseskan pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | UMI TURSINI |
Date Deposited: | 09 Nov 2015 07:26 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 16:47 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/425 |
Actions (login required)
View Item |