Suastika, I Ketut (2021) Development of Learning Media Pansirbongpas for the Operation of Fraction Numbers for Grade 4 Elementary School. unikama.
Text
PR_Media Pansirbongpas.pdf Download (1MB) |
Abstract
Hasil analisis proses pembelajaran menunjukkan bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik dan siswa tidak memperhatikan guru pada saat pembalajaran. Hal ini mengakibatkan siswa sering mengalami miskonsepsi terhadap materi penjumlahan pecahan, maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran berupa papan arsir bongkar pasang yang dapat menunjang proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE dengan 5 tahapan yakni : Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah dosen ahli media, dosen ahli materi, guru dan siswa kelas IV SDN Ngembul 03 Kabupaten Blitar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner. Papan arsir bongkar pasang berdasarkan hasil validasi materi memperoleh skor 79,15% dengan kategori layak, hasil validasi media memperoleh 75% dengan kategori layak. Hasil validasi kepraktisan guru memperoleh 83,65% dengan kategori sangat baik, Hasil kepraktisan siswa memperoleh 86,66% dengan kategori sangat baik dan hasil keefektifan siswa memperoleh 81% dengan kategori sangat baik. Papan arsir bongkar pasang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran agar lebih menarik dan menyenangkan.Memberikan referensi bagi peneliti lain dalam mengembangakan media pembelajaran papan arsir bongkar pasang yang menarik dan menyenangkan
Item Type: | Other |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | I KETUT SUASTIKA |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 11:12 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 02:58 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4283 |
Actions (login required)
View Item |