Yuli Ifana sari, Ifana PENGARUH STRATEGI PENILAIAN K-13 TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS-GEOGRAFI SISWA DI SMP NASIONAL DAN SMP BUDI MULIA PAKISAJI. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS.
Text
3_(19%) PENGARUH STRATEGI PENILAIAN K-13 TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS-GEOGRAFI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penilaian autentik menitikberatkan pada tiga aspek penilaian yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Sistem penilaian autentik yang terdapat dalam kurikulum 2013 telah sesuai dan mampu untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar. Oleh karena itu dengan penerapan kurikulum yang baik akan menghasilkan output hasil belajar yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui: 1) Pengaruh yang signifikan antara strategi penilaian K-13 terhadap motivasi belajar siswa. 2) Pengaruh yang signifikanantara strategi penilaian K-13 terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kausal (sebab-akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Nasional dan SMP Budi Mulia Pakisaji tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 268. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Proportional random sampling, bahwa sampel diambil 30% dari 268 siswa yaitu 86 siswa. Instrumen penelitiannya mengunakan angket, untuk memperoleh data yang baik dan benar, maka penggunaan instrumen harus diujicobakan terlebih dahulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) teknik angket dan (2) teknik dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakant-test. Adapun tingkat signifikasi yang digunakan yaitu 5%. Penghitungan analisis data menggunakan program SPSS. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa pada strategi penilaian K-13tidak berpengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar. Katakunci: Motivasi, Hasil belajar, dan Penilaian K-13.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora Sosial dan Humaniora > Artikel |
Depositing User: | YULI IFANA SARI |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 15:13 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 15:13 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4337 |
Actions (login required)
View Item |