KETERAMPILAN MERANCANG RPP DENGAN KOMPETENSI INTI BERDASARKAN TEMA DAN SUB-TEMA PADA K-13

Sari, Yuli Ifana KETERAMPILAN MERANCANG RPP DENGAN KOMPETENSI INTI BERDASARKAN TEMA DAN SUB-TEMA PADA K-13. Dedication: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat IKIP PGRI Jember, 1 (1).

[img] Text
8_(19%) KETERAMPILAN MERANCANG RPP DENGAN KOMPETENSI INTI BERDASARKAN TEMA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun permasalahan mitra, diantaranya: (1) Para guru belum paham tentang implementasi K-13; (2) Sebagai guru kelas, mereka kurang memiliki kemampuan untuk mengembangkan Kompetensi Inti yang dijabarkan ke Peta Kompetensi Dasar dan Indikatornya; dan (3) Terbatasnya waktu yang tersedia dalam pertemuan tiap tema, dimana dalam 1 semester guru kelas harus menyelesaikan 4 tema, dan masing-masing tema terdiri dari 3 sub tema, dari masing-masing sub tema terdiri dari beberapa pembelajaran mulai dari 1 sampai 6.Khalayak sasarannya adalah guru-guru di SDN Kebonsari 4 Malang yang berjumlah 15 orang. Metode pendekatan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini sebagai berikut pelatihan,lokakarya, dan pendampingan. Sedangkan solusi yang ditawarkan adalah pelatihan dan pendampingan guru dalam merancang RPP dengan kompetensi inti berdasarkan tema dan sub tema.Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian di SDN Kebonsari 4 Malang ini, sebagai berikut: (1) Adanya semangat bekerja untuk para guru terutama saat mengajar di dalam kelas, sehingga meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran, (2) Adanya suasana kerja yang positif antar guru terutama saat mengajar di kelas dan membuat mereka lebih percaya diri, dan (3) Adanya produk RPP berdasarkan kurikulum 2013 yang dibuat oleh peserta pada saat pelatihan dan pendampingan. Kata Kunci : RPP Kurikulum 2013; Kompetensi Inti

Item Type: Article
Subjects: Sosial dan Humaniora
Sosial dan Humaniora > Artikel
Depositing User: YULI IFANA SARI
Date Deposited: 19 Oct 2021 23:59
Last Modified: 04 Aug 2022 16:39
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4342

Actions (login required)

View Item View Item