Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di The City Side Residence Malang

Mulyanto, Dony (2018) Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di The City Side Residence Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Bauran pemasaran merupakan konsep pemasaran yang dapat digunakan untuk mempengaruhi penjualan produk rumah. Pemasaran dapat dikatakan sebagai pola pikir yang menyadari bahwa perusahaan tidak dapat bertahan tanpa adanya transaksi pembelian. Perusahaan harus dapat memasarkan barang atau jasa yang diproduksi kepada konsumen agar dapat bertahan dan bersaing dengan perusahaan lain. Bauran pemasaran, dimana produk adalah semua hal yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk menarik perhatian dalah banyaknya produk perumahan yang ditawarkan oleh usaha properti, maka semakin banyak pula pilihan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang sesuai dengan harapannya. Dalam hal ini PT Graha Indah Gemilang selaku pengembang (Developer) yang membangun perumahan The City Side Residence Malang. Perusahaan ini tidak hanya sebatas memproduksi saja, akan tetapi berusaha menarik konsumen dan mempengaruhi tingkah laku konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan dan menyediakan rumah dengan berbagai tipe. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yaitu penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan yang lain. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah konsuman yang telah melakukan pembelian rumah mulai tahun 2015-2017. Teknik pengambilan sampel yaitu nggunakan teorinya Slovin sehingga dapat di ketahui sampelnya berjumlah 58 responden. Teknik pengambilan data, kuisioner, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan : Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi berganda, Uji F, Uji t. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian mendapatkan bahwa hasil regresi sebagai berikut: Y = -0,648 + 0,178X1 + 0,298X2 + 0,651X2 + e Berdasarkan analisis data statistik, item-item dalam penelitian ini bersifat valid dan reliable. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas dan multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan terdistribusi normal. Variabel yang paling besar yaitu variabel promosi sebesar 0,651, sedangkan variabel yang paling kecil yaitu harga sebesar 0,178. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai F hitung sebesar 52,264 sedangkan F tabel pada α =5%, df1 = 3 dan df 2 = 54 sebesar 2.78; hal ini berarti Fhitung > Ftabel (52,264 > 2.78) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Variabel Harga (X1) menunjukkan nilai signifikan t sebesar 0,047 ≤ 0,05 berarti ada pengaruh dari variabel harga terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H2 diterima dan H0 di tolak. Variablel lokasi (X2) menunjukkan nilai signifikan t sebesar 0,008 ≤ 0,05 berarti ada pengaruh dari variabel lokasi terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H3 diterima dan H0 di tolak. Variablel promosi (X3) menunjukkan nilai signifikan t sebesar 0,000 ≤ 0,05 berarti ada pengaruh dari variabel promosi terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H4 diterima dan H0 di tolak. Hasil penelitian mendapatkan bahwa seluruh variable independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependennya. Terdapat pengaruh harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian rumah di The City Side Residence Malang. Item yang di gunakan semuanya valid, sehingga dapat di gunakan sebagai alat pengumpulan data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Harga, Lokasi dan Promosi, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:45
Last Modified: 09 Feb 2023 03:45
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4871

Actions (login required)

View Item View Item