Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Katolik Yohanes Gabriel Kesamben

Sutriono, Agustinus Nanang (2018) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Katolik Yohanes Gabriel Kesamben. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas VII berlangsung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Berdasarkan hasil observasi (1) hanya beberapa peserta didik yang memperhatikan guru ketika menerangkan materi pelajaran di depan kelas, (2) peserta didik sering keluar masuk kelas pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, (3) beberapa peserta didik tidak mengerjakan soal latihan yang diberikan guru, (4) hanya beberapa peserta didik yang sering bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, perlu digunakan model pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dalam pembelajaran. Model pembelajaran tersebut adalah course review horay. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII SMPK Yohanes Gabriel Kesamben. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data adalah kelas VII SMPK Yohanes Gabriel Kesamben sebanyak 9 peserta didik. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, kuesioner, dan wawancara. Pembelajaran dengan model course review horay yang dapat meningkatkan motivasi belajar dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Guru menjelaskan materi, (2) guru membagikan LKPD, (3) guru menjelaskan permainan course review horay, (4) guru membagi peserta didik beberapa kelompok heterogen, (5) peserta didik mengisi angka secara acak dari 1 sampai 9 pada kertas yang berisi kolom yang sudah disediakan oleh guru, (6) guru memberikan soal secara acak, (7) guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk berdiskusi, (8) Pendidik mempersilahkan kelompok yang menjawab benar secara horisontal, vertikal atau diagonal untuk menyanyikan yel-yel kelompoknya, (9) guru memilih salah satu anak dari kelompok yang menjawab salah untuk menuliskan jawabanya di papan tulis, (10) guru memberikan pembenaran untuk soal-soal yang dikerjakan kurang tepat, agar peserta didik dapat dengan mudah mengevaluasi dari hasil kerjanya, (11) peserta didik bersama-sama dengan guru merangkum atau menyimpulkan materi. Persentase motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 73,36% dan siklus II sebesar 87,09%. Hasil kesimpulan penelitian ini yaitu adanya peningkatan motivasi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran course review horay di kelas VII SMPK Yohanes Gabriel Kesamben. Saran dari penelitian ini adalah penelitian ini sebagai pembelajaran untuk menjadi guru yang lebih profesional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran course review horay, motivasi belajar.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 05:08
Last Modified: 09 Feb 2023 05:08
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item View Item