Kristi, Anisa (2018) Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.AK2 SMK PGRI Pakisaji Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SMK PGRI Pakisaji dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X.Ak2 yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus 1 dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan, sedangkan pada siklus kedua terdapat pengembangan pada pembagian kelompok. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara (1)observasi guru dan siswa, (2) catatan lapangan, (3) tes individu. Analisis data dilakukan dengan cara pemilahan dan penyusunan klarifikasi, penyuntingan data dan pemberian kode, konfirmasi data, dan analisa data dengan mengkonstruksi pada penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning berbasis kooperatif terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir tiap siklus, yaitu pada siklus I banyaknya siswa yang mencapai nilai ≥ 75 sebanyak 15 siswa atau hanya 62.5% siswa yang mencapai ketuntasan. Pada tes akhir Siklus II banyak siswa yang mencapai nilai ≥ 75 sebanyak 17 siswa atau 70.83% siswa mencapai ketuntasan. Pembelajaran Problem Based Learning berbasis kooperatif terbagi dalam 3 tahap pembelajaran yaitu (1) tahap awal meliputi membuka dengan salam, mengecek kesiapan belajar siswa, memberikan apersepsi materi terkait, memberikan motivasi, menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana egiatan pembelajaran, (2) tahap inti meliputi pelaksanaan pembelajaran berkelompok melalui analisis permasalahan dan presentasi hasil diskusi dan (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan tes akhir siklus. Berdasarkan penelitian ini, pembelajaran Problem Based Learning berbasis kooperatif dilakukan dengan langkah-langkah mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan pada tahap inti pembelajar. Dalam pembelajaran yang diterapkan peneliti dapat menuntut siswa untuk berperan aktif dalam diskusi kelompok dan menyelesaikan permasalah kontekstual dengan menerapkan konsep matematika yang telah dielajari sebelumnya. Bagi guru matematika dan peneliti lain dapat mempergunakan metode pembelajaran Problem Based Learning berbasis kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan kondisi siswa dengan permasalahan yang sama dengan yang dilakukan peneliti, maupun dengan kondisi lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem persamaan linear tiga variabel, Pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 05:08 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 05:08 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4933 |
Actions (login required)
View Item |