Pengembangan Modul Pembelajaran Bab Persamaan Garis Lurus Berbasis Discovery Learning Pada Kelas VIII SMP

Beris, Cammelia Dwe Manser (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Bab Persamaan Garis Lurus Berbasis Discovery Learning Pada Kelas VIII SMP. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pengembangan modul ini didasari oleh bahan ajar yang biasa dipakai dalam kegiatan belajar mengajar masih berupa gambaran materi persamaan garis lurus secara umum. Sehingga siswa kurang mampu belajar mandiri dan tidak aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Modul yang dikembangan berbasis discovery learning guna menunjang proses pembelajaran. Discovery learning adalah metode pembelajaran yang melatih siswa dalam menemukan suatu konsep dan prinsip untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul matematika berbasis discovery learning pada materi persamaan garis lurus dengan harapan dapat mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan produk yang telah dikembangkan. Selain itu, modul matematika berbasis discovery learning pada materi persamaan garis lurus digunakan sebagaisarana dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP PGRI 01 Singosari. Model pembelajaran matematika berbasis discovery learning pada materi persamaan garis lurus dikembangkan berdasarkan model Thiagarajan 4D yang dimodifikasi. Tahap awal define (pendefinisian) yang mencakup lima pokok yaitu, analisis tujuan awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap kedua desaign (perancangan) dengan melakukan penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format. Tahap ketiga develop pengembangan) dengan mengembangkan produk awal yang akan divalidasi dan direvisi oleh para ahli, selanjutnya dilakukan uji coba produk yang akan menghasilkan produk akhir. Data pada penelitian ini terdiri atas data kuantitatif, data kualitatif dan data hasil belajar siswa. Data kuantitatif diperoleh dari pengisian angket validasi oleh validator ahli media pembelajaran, ahli materi, dan ahli praktisi lapangan untuk menentukkan kevalidan. Modul pembejaran ini praktis digunakan dalam pembelajaran, hal ini dilihat dari respon siswa yang terhadap modul, yakni mendapat nilai sebesar 3,67 artinya siswa memberikan respon yang sangat positifterhadap modul. Nilai pretest dan posttest siswa menunjukkan belajar siswa, yaitu dari 71,33 menjadi 84,19 dan menunjukkan nilai gainscore 0,77 dengan efektifitas tinggi. Data kualitatif diperoleh dari pengisian angket berupa komentar dan saran oleh ahli media pembelajaran, ahli materi, ahli praktisi lapangan, dan siswa. Modul materi persamaan garis lurus berbasis discovery learning dapat mengaktifkan siswa dan digunakan sebagai bahan ajar selain buku paket siswa terutama oleh guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan modul, discovery learning, persamaan garis lurus, model Thiagarajan 4D
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 05:08
Last Modified: 09 Feb 2023 05:08
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4935

Actions (login required)

View Item View Item