Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Malang

Yempormase, Ema (2018) Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib ditempuh oleh siawa disetiap jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Umumnya masih banyak siswa yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit sehingga nilai ketuntasan masih dibawah standar KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahi pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 17 Malang pada kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang berjumlah 25 siswa untuk memperoleh data hasil belajar. Teknik pengumpulan data mengunakan tes yaitu tes pada awal pembelajaran (pretest) dan tes pada akhir pembelajaran (posttest). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Preteat-Posttest. Analisis data menggunakan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sampel dengan berbantuan SPSS 18.0 for windows. Hasil uji normalitas menunjukan data berdistribusi normal dan homogenitas dengan signifikansi 0,148 dan 0,182. Sedangkan hasil uji-t diperoleh signifikan 0,000 yang berarti, terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas yang tidak menggunakan moidel pembelajaran CRH dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran CRH. Berdasarkan hasil uji prasyarat dan uji hipotesis disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan model pemelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang. Dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun saran bagi guru Course Review Horey (CRH) sebagai salah satu model pembelajaran di kelas dan bagi peneliti, yang nantinya ingin melakukan penelitian lebih lanjut, disarankan untuk meneliti tentang model pembelajran Course Review Horay (CRH) menggunakan media pembelajaran atau dipadukan dengan model pembelajaran lain seperti Numbered Heads Together (NHT).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, CRH, hasil belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:37
Last Modified: 09 Feb 2023 04:37
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4937

Actions (login required)

View Item View Item