Andriani, Fitri (2018) Hubungan Antara Fasilitas Dan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 5 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Fasilitas belajar adalah barang/jasa yang dapat memudahkan dan memperlancar pelaksanaan suatu usaha belajar. Gaya belajar adalah cara belajar yang dilakukan seorang siswa secara konsisten dalam menyerap informasi dengan mudah. Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh siswa melalui usaha belajar baik berupa angka atau pernyataan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan fasilitas dan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Malang, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 dan TKJ 2 yang jumlahnya 66 siswa. Variabel yang diteliti yaitu fasilitas, gaya belajar dan prestasi belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Malang. Instrument penelitian berupa angket fasilitas dan angket gaya belajar. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan rata-rata variabel fasilitas belajar adalah 20,17 dihitung dengan penilian interval termasuk dalam kategori baik. Sedangkan rata rata variabel gaya belajar adalah 38,35 dihitung dengan penilian interval termasuk dalam kategori cukup. Fasilitas dan gaya belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ditunjukan dengan nilai F sebesar 23,587 dimana Fhitung > Ftabel (3,14) dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya kontribusi fasilitas dan gaya belajar terhadap prestasi belajar secara simultan diketahui dari nilai R-square sebesar 0,428, ini berarti fasilitas dan gaya belajar memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar sebesar 42,8% dan 57,2% sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara fasilitas dan gaya belajar terhadap prestasi belajar. Saran bagi sekolah untuk lebih melengkapi fasilitas belajar siswa, dan guru diharapkan lebih mengenal dan memahami karakteristik dari gaya belajar siswa sehingga dapat disesuaikan dengan gaya pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas, Gaya Belajar, Prestasi Belajar Matematika |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 04:38 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 04:38 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4938 |
Actions (login required)
View Item |