Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

isdiansyah, Muhammad Nur (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menngetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian dilakukan di SMP NU Bululawang, Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan posttest only group design. Analisis data tes kemampuan berpikir kritis matematis dilakukan menggunakan uji Independent samples t test, dengan kriteria taraf sinifikan α = 0,05 dan H0 ditolak jika nilai perhitungan sig. < α serta H0 diterima jika nilai perhitunggan sig. > α. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan independent samples T test pada SPSS 16.0 diperoleh hasil nilai signifikan perhitungan sig. (2-tailed) = 0,046 dengan taraf signifikan α = 0,05, maka sig. (2-tailed) < α, sehingga H0 ditolak. Selain itu dilihat dari persentase rata-rata skor kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) adalah sebesar 75,70% dan persentase rata-rata skor kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 69,05%. Hasil perhitungan effect size cohen’s d diperoleh besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebesar 73%. Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share, Pendekatan Realistic Mathematics Education, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:38
Last Modified: 09 Feb 2023 04:38
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4939

Actions (login required)

View Item View Item