Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan Web untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Singosari

Hidayat, Taufik (2018) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan Web untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Singosari. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan nilai ulangan kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Singosari menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas tersebut termasuk dalam kategori kurang. Dari 25 siswa hanya 11 siswa yang mampu mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal). Hal ini disebabkan pembelajaran matematika disekolah tersebut masih terpusat pada guru, sehingga pembelajaran matematika yang diberikan tidak memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, penalaran, representasi, koneksi, dan komunikasi sistematis. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembelajaran matematika yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran model Numbered Heads Together berbantuan Web yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Singosari tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tindakan diberikan pada 25 siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Singosari. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, tes, dan catatan lapangan. Pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap, yaitu: (1) Penomoran (Numbering), (2) Pengajuan pertanyaan (Questioning), (3) Berfikir bersama (Heads Together), dan (4) Pemberian Jawaban (Answering). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil analisis observasi aktivitas guru pada siklus I terlihat persentase keberhasilannya adalah 80,95%, sedangkan pada siklus II persentase keberhasilannya sebesar 85%, (2) hasil analisis observasi aktivitas siswa pada siklus I terlihat persentase keberhasilannya sebesar 71,59%, sedangkan pada siklus II terlihat persentase keberhasilannya sebesar 80,68%, (3) hasil analisis tes akhir siklus I diperoleh persentase keberhasilannya adalah 68%, sedangkan pada tes akhir siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Web dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Singosari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Web, Hasil Belajar Matematika
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 05:07
Last Modified: 09 Feb 2023 05:07
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4941

Actions (login required)

View Item View Item