Yoditya, Irma Wahyu Putri (2019) Penerapan Model Pembelajaran Tipe ThinkPair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Islam Fatahillah Singosari Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran matematika di kelas VII berlangsung secara monoton dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diakhiri penugasan. elain itu, siswa lebih banyak menghafal rumus daripada memahami proses menemukan rumus. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang melibatkan siswa agar aktif menemukan sendiri pengetahuan. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah think pair share. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran think pair share yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi persamaan linear satu variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Fatahillah Singosari Malang pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar matematika meningkat dari 19,23% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 88,46% siswa yang tuntas pada siklus II. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 69,23%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Islam Fatahillah Singosari Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Think Pair Share, prestasi belajar, persamaan linear satu variabel. |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 04:37 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 04:37 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4947 |
Actions (login required)
View Item |