Peningkatan hasil dan aktivitas Belajar Matematika melalui Pendekatan keterrampilan proses dalam pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk (SPLDV) Siswa Kelas VIII F SMPN 3 Singosari

Arfanus, Tridedi (2019) Peningkatan hasil dan aktivitas Belajar Matematika melalui Pendekatan keterrampilan proses dalam pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk (SPLDV) Siswa Kelas VIII F SMPN 3 Singosari. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dipengaruhi oleh faktor dari luar maupun dalam individu. Faktor tersebut dapat memberikan dukungan ataupun hambatan yang berakibat pada hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan keinginan dikarenakan motivasi belajar siswa yang rendah.Permasalahan tersebut terjadi pada siswa di SMPN 3 Singosari kelas VIII F. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian peningkatan hasil dan aktivitas belajar matematika siswa yang rendah. Dugaan penyebab rendahnya nilai belajar ini dikarenakan siswa malas untuk menerima pelajaran. Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan, maka peneliti ingin memberikan suatu alternatif dengan menggunakan metode pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada kompetensi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPDLV) kelas VIII F SMPN 3 Singosari. Penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Singosari. Subyek penelitian adalah kelas VIII F sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa, lembar tes, lembar kerja siswa, dan lembar catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tindakan, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan keterampilan proses terbukti meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil kajian catatan lapangan dan LKS siswa. Pada Siklus I banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 56% siswa dan pada Siklus II banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 96%. Berdasarkan hasil angket siswa, pada Siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mencapai skor angket ≥ 75% sebanyak 69,57% siswa dan hasil angket Siklus II menunjukkan bahwa banyaknya siswa yang mencapai skor angket ≥ 75% sebanyak 83,33% siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mengharapkan bagi penelitian selanjutnya lebih kreatif dan baik lagi dalam memberikan langkah-langkah pengerjaan pada Lembar Kerja Siswa, serta diharapkan pula menambahkan variable baru untuk mengetahui peningkatan hasil dan aktivitas belajar matematika dengan pendekatan keterampilan proses terhadap variable tersebut. Variabel yang mungkin dapat digunakan adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep, serta kreativitas siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendekatan keterampilan proses ,Peningkatan hasil dan aktivitas belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 05:03
Last Modified: 09 Feb 2023 05:03
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4964

Actions (login required)

View Item View Item