Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Discovery Learning dalam Membuktikan Luas dan Keliling Lingkaran untuk Kelas VIII SMP

Ningrum, Arik Dwi Endah (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Discovery Learning dalam Membuktikan Luas dan Keliling Lingkaran untuk Kelas VIII SMP. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Massa pandemi covid-19 siswa diharapkan belajar dari rumah. Siswa belajar mandiri menggunakan buku paket dan LKS, karena kurangnya fasilitas penunjang jika guru melakukan daring. Pop up book merupakan sumber belajar yang dikembangkan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran, dari hasil observasi di SMP Taman Siswa Kesamben dan SMP PGRI 02 Kesamben memperoleh permasalahan yang dialami oleh siswa, bahwa siswa bosan, tidakbisa memahami dan menyelesaikan permasalahan luas dan keliling lingkaran, serta guru hanya menggunakan sumber belajar seperti: LKS, dan buku paket siswa. Untuk mengatasi permasalahan pada materi luas dan keliling lingkaran, bisa menggunakan pop up book berbasis discovery learning. Media pop up book berbasis discovery learning dapat membantu siswa dalam memahami, dan menyelesaikan soal luas lingkaran serta dapat membuat siswa aktif dalam membuktikan rumus luas dan keliling lingkaran. Pop up book berbasis discovery learning juga dapat menjadi penunjang proses pembelajaran selain LKS dan buku paket siswa. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti mengadakan penelitian pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis discovery learning dalam membuktikan luas dan keliling lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran pop up book berbasis discovery learning dalam membuktikan luas dan keliling lingkaran untuk kelas VIII SMP. Media dikatakan valid berarti media tersebut layak digunakan oleh siswa, media juga dikatakan praktis artinya mudah digunakan oleh pengguna/siswa, serta media dikatakan efektif jika hasil belajar siswa mencapai tujuan ketuntasan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model pengembangan ADDIE (analisis, design, development, implementation, and evaluation). Pada tahap analisis (analisis) berupa analisis kurikulum, analisis kebutuhan dan analisi karakteristik siswa. Selanjutnya pada tahap desain (design) berupa pembuatan pop up book dan perancangan intrumen penilaian media pop up book berbasis discovery learning. Pada tahap pengembangan (development), kegiatan yang dilakukan adalah pengembangan pop up book berbasis discovery learning sesuai dengan perencanaan sebelumnya, penilaian media pop up book berbasis discovery learning oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran, serta revisi media pop up book berbasis discovery learning sesuai saran dan masukan dari para ahli. Tahap implementasi (implementation) berupa uji coba lapangan yang dilakukan sebanyak dua kali. Uji coba lapangan terbatas dilakukan di rumah masing-masing siswa kelas VIII SMP Taman Siswa Kesamben Blitar dengan 4 orang siswa, dikarenakan vaktor covid-19. Sedangkan uji coba lapangan luas di lakukan di SMP PGRI 02 Kesamben Blitar pada waktu pengumpulan tugas yang dijadwalkan dengan 14 orang siswa. Tahap akhir yaitu evaluasi (evaluation), pada tahap ini dilakukan evaluasi terhadap media pop up book berbasis discovery learning yang telah diuji cobakan sesuai dengan saran dan masukan selama proses uji coba dilakksanakan. Media pop up book berbasis discovery learning yang dihasilkan ini digunakan untuk materi pembuktian luas dan keliling lingkaran untuk SMP kelas VIII pada semester genap. Media pop up book berbasis discovery learning dikembangkan mendapatkan kriteria valid dan siap digunakan dalam penelitian oleh validator, dengan total rata-rata ahli materi 3,58; ahli media diperoleh 3,43; dan ahli pembelajaran sebesar 3,45 dengan kriteria valid. Kualitas media yang dihasilkan memenuhi kriteria: a) Praktis, dengan skor kepraktisan (Pk) dari angket respon siswa dalam uji lapangan terbatas dan uji coba lapangan luas 3,32 dan 3.37. b) Efektif, dengan presentase skor ketuntasan siswa saat uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan luas 100% dan 92,8%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan media pop up book berbasis discovery learning dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran pembuktian luas dan keliling lingkaran di SMP kelas VIII.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pop up book, Discovery Learning
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 05:03
Last Modified: 09 Feb 2023 05:03
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4967

Actions (login required)

View Item View Item