Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Gaya Kognitif Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang.

Julyanti, Filaria (2020) Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Gaya Kognitif Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 17 Malang siswa sering melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal pada materi persamaan garis lurus. Kesalahan-kesalahan terjadi baik ketika latihan maupun ulangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan konsep berdasarkan gaya kognitif. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner gaya kognitif, tes tulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 17 Malang berjumlah 28 siswa, terdiri atas siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah untuk diwawancara.Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan konsep siswa yang bergaya kognitif field independent yaitu kesalahan pada hasil akhir persamaan garis dari kedua garis, mencari persamaan garis dan menentukan gradien, jenis kesalahan konsep siswa yang bergaya kognitif field dependent yaitu kesalahan dalam menentukan gradien dan persamaan garis dari kedua garis, dan kesalahan dalam menentukan persamaan garis. Penyebabnya siswa melakukan kesalahan yaitu lupa materi yang sudah diajarkan, kurang teliti dalam pengerjaan soal, belum menguasai dasar perhitungan dan lain-lain. Solusi yang dapat digunakan oleh guru untuk meminimalkan dan menghindari terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan gaya kognitif dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus adalah memberi penguatan tentang pemahaman konsep materi kepada siswa supaya dalam proses transformasi, keterampilan proses serta penulisan jawaban siswa tidak kesulitan. Saran bagi guru supaya lebih menekankan pemahaman konsep kepada siswa agar tidak terjadi kesalahan dalam mengerjakan soal, dan saran bagi peneliti lain agar bisa mengembangkan skripsi ini menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Konsep, Persamaan Garis Lurus, Gaya Kognitif.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 05:04
Last Modified: 09 Feb 2023 05:04
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4969

Actions (login required)

View Item View Item