Milla, Orpa Reysi (2020) Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Pemahaman Konsep Matematika dalam Menyelesaikan Soal Aljabar di SMP PGRI 06 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Matematika mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari hari, namun banyak orang yang memandang matematika sebagai salah satu bidang studi yang paling sulit. Kesulitan yang dialami peserta didik seperti sulit dalam memahami konsep dan kurang mampu menyelesaikan soal berbentuk cerita dan aljabar sehingga peserta didik cenderung menulis jawaban yang asal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kesalahan peserta didik pada pemahaman konsep matematika dalam menyelesaikan soal aljabar. Selain itu, juga untuk mengetahui penyebab peserta didik kelas VIIIC di SMP PGRI 06 Malang melakukan kesalahan pada pemahaman konsep matematika. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi peserta didik kelas VIIIC di SMP PGRI 06 Malang yang berjumlah 29 dan hanya 6 peserta didik yang diwawancara dan di analisis berdasarkan kelompok tingkat tinggi, sedang dan rendah. Untuk pemilihan 2 subjek disetiap kelompok dilihat dari kelengkapan subjek menyelesaikan 3 butir soal dan karena ada kemiripan jawaban dari beberapa subjek. Teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik triangulasi metode yaitu dengan dibandingkan hasil observasi, hasil tes peserta didik, dan data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik yang melakukan kesalahan pada pemahaman konsep matematika pada indikator tahap membaca (reading) terdapat 15, tahap memahami masalah (comprehension) terdapat 23, tahap transformasi (transformation) terdapat 21, tahap keterampilan proses (process skill) terdapat 17 dan tahap penulisan jawaban (encoding) terdapat 22. Dari hasil tes dan wawancara dengan 6 peserta didik diketahui penyebabnya peserta didik melakukan kesalahan karena peserta didik kurang mampu memahami arti kata-kata atau simbol yang terdapat pada soal, kurang mampu memahami apa yang di ketahui dan apa yang ditanya dalam soal, tidak mengetahui rumus atau metode apa yang akan di gunakan untuk menyelesakan soal, tidak mangetahui langkah-langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal, kurang mampu memahami dengan baik suruhan dari soal dan tidak memaham bilangan pecahan dan alasan lupa. Saran bagi guru sebaiknya lebih sering memberikan latihan berbentuk soal cerita.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesalahan, pemahaman konsep, soal aljabar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 05:04 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 05:04 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4970 |
Actions (login required)
View Item |