Putri, Rika Lisnia (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Permainan Tradisional Engklek (Hopscotch Math) untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan yang dialami oleh peserta didik SMP Advent Malang dan SMP PGRI 02 Pakisaji Kabupaten Malang adalah mereka kesulitan dalam mengerjakan soal yang sesuai dengan indikator komunikasi matematis, peserta didik jarang mengajukan pertanyaan atau kurang aktif dalam pembelajaran, serta kurangnya media yang digunakan guru pada proses pembelajaran.Berdasarkan uraian di atas, peneliti mengadakan penelitian pengembangan media hopscotch math untuk meningkatkan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, layak dan efektif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model pengembangan ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap analisis terdiri dari analisis kurikulum, analisis karakter peserta didik, dan analisis media pembelajaran. Selanjutnya tahap desain merupakan perancangan kerangka media hopscotch math serta penyusunan instrumen penilaian media hopscotch math. Selanjutnya mengembangkan media hopscotch math sesuai dengan perencanaan sebelumnya. Penilaian ahli desain, ahli materi dan ahli pembelajaran, serta revisi media hopscotch math sesuai dari masukkan para ahli juga dilakukan ditahap pengembangan. Tahap implementasi berupa uji coba lapangan yang dilakukan sebanyak dua kali. Uji coba lapangan terbatas dilakukan di SMP PGRI 02 Pakisaji Kabupaten Malang sedangkan uji coba lapangan lebih luas dilakukan di SMP Advent Malang. Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi terhadap media hopscotch math dari segi kelebihan dan kelemahannya. Media hopscotch math yang dihasilkan ini digunakan untuk materi aljabar. Kualitas media hopscotch math yang dihasilkan memenuhi kriteria : a) Media hopscotch math mendapatkan kriteria sangat valid oleh validator dengan skor ahli desain, ahli materi, dan dua ahli pembelajaran sebesar 3,41, 3,38, 3,57, dan 3,85. b) Sangat layak, dengan skor penilaian angket respon guru sebesar 3,73 dan presentase angket respon peserta didik sebesar 100% dengan kriteria sangat layak saat uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan lebih luas sebesar 3,33 dan 72,2% dengan kriteria sangat layak. c) Sangat efektif, dengan presentase ketuntasan peserta didik dalam tes komunikasi matematis pada uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan lebih luas adalah sebesar 100% dan 83,3% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, dapat disimpulkan bahwa media hopscotch math yang dikembangkan sangat valid, sangat layak dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan komunikasi matematis peserta didik di SMP PGRI 02 Pakisaji Kabupaten Malang dan di SMP Advent Malang. Disarankan untuk peneliti lain agar dapat mengembangkan media hopscotch math dengan materi yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hopscotch math, komunikasi matematis. |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 05:04 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 05:04 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4971 |
Actions (login required)
View Item |