Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas X APL 1 SMKN 07 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019

Tama, Isakhar Elketya (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas X APL 1 SMKN 07 Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas X APL 1 berlangsung secara monoton dengan metode diskusi, tanya jawab, dan diakhiri penugasan. Oleh karena itu perlu digunakan metode pembelajaran yang membuat siswa merasa nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Metode pembelajaran tersebut adalah realistic mathematic education. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkahlangkah model pembelajran realistic mathematic education yang dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada SMKN 07 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APL 1 SMKN 07 Malang pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil tes, hasil observasi, hasil wawancara, hasil catatan lapangan dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif berupa hasil tes akhir pelaksanaan penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif berupa hasil tes, hasil observasi, hasil wawancara, hasil catatan lapangan, dan dokumentasi, sedangkan data kualitatif berupa hasil test akhir pelaksanaan penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan model Miles dan Hubermen yang meliputi: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan belajar matematika meningkat dari 43% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 80% siswa yang tuntas pada siklus II. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan 37%. Jadi penerapan Realistic Mathematic Education Membimbing penyelidikan individu dan kelompok, 4) Mengembangkan dan mnyajikan hasil karya, dan 5) Menganalisa dan mengevaluasi proses emecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI APL 1 SMKN 7 Malang tahun pelajaran 2018/2019. Bagi peneliti lain diharapkan untuk meningkatkan kesiapan mengajar agar waktunya dapat dikelola dengan tepat waktu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan realistic mathematic education, hasil belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 05:02
Last Modified: 09 Feb 2023 05:02
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4972

Actions (login required)

View Item View Item