Alfiani, Ifa (2021) Pengaruh Kompetensi Literasi Digital Guru Terhadap Keefektifan Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tahun 2019 seluruh warga di dunia mengalami wabah Covid-19 yang mendadak menyebabkan perubahan yang besar terhadap kehidupan manusia, begitu pula dengan dunia pendidikan yang mengalami perubahan metode pembelajaran dari yang semula tatap muka secara langsung kini diharuskan untuk belajar dengan metode daring. Peristiwa yang terjadi saat ini menjadi tantangan baru dalam dunia pendidikan, pasalnya seorang guru dituntut untuk kompeten dalam penggunaan dan pemanfaatan perangkat digital. Demi menyukseskan sekolah yang efektif dan berkualitas peran guru menjadi penentu keberhasilan tercapainya keefektifan dan kualitas sekolah. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh kompetensi literasi digital terhadap keefektifan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional kuantitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan yakni menggunakan angket atau kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah guru dengan status PNS di Kota Malang. Dalam penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh atau sensus dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel dan diperoleh 35 guru. Aanalisis data yang digunakan adalah uji hiipotesis yang dilakukan dengan cara uji t dan diperkuat dengan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tidak terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel kompetensi literasi digital guru (X) terhadap keefektifan sekolah (Y), yang artinya kompetensi literasi digital guru tidak berhubungan dengan keefektifan sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, literasi digital, dan keefektifan sekolah |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 15:31 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 15:31 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5008 |
Actions (login required)
View Item |