Ngutra, Ardianty Fileri (2021) Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VII Pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tindak tutur direktif sangatlah penting diguakan guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, perlu diperhatikan pemakaian tindak tutur direktif yang dituturkan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlngsung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran siswa kelas VII pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. Sedangkan secara khusus bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail bentuk, fungsi, dan strategi tindak tutur direktif dalam proses pembelajaran siswa kelas VII pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. Teri-teori besar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tindak tutur dan pragmatik. Pragmatik merupakan studi tentang maksud penutur, pragmatik juga diartikan sebagai cabang ilmu bahasa yang berkaitan dengan aspek pemakaian dalam komunikasi. Sedangkan tindak tutur merupakan suatu ujaran yang mengandung tindakan sebagai suatu fungsional dalam komunikasi yang mempertimbangkan aspek situasi tutur. Dalam menuturkan sebuah tuturan seseorang mempuyai maksud tertentu sehingga tuturan tersebut dapat disebut juga sebagai tindak. Dan pada dasarnya daya pragmatik direalisasikan melalui tindak tutur direktif, yang terkandung dalam proses pembelajaran siswa kelas VII pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekaan kualitatif, data dari penelitian ini adalah guru dalam proses pembelajaran siswa kelas VII pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. Langkah-langkah pengumpulan data penelitian ini dengan cara mengamati hasil rekaman dan mencatat sesuai dengan rumusan masalah. Selanjutnya analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis semantik yang mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan menganalisis bentuk, fungsi, dan strategi tindak tutur direktif yang terkandung dalam proses pembelajaran siswa kelas VII pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. Hasil penelitian berupa tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran siswa kelas VII pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara, dapat disimpulkan tiga unsur yaitu: (1) bentuk tindak tutur direktif, (2) fungsi tindak tutur direktif, dan (3) strategi tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran siswa kelas VII pada SMP Negeri 11 Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tindak Tutur Direktif, SMP Negeri 11 Kei Kecil, Pragmatik, Bentuk, Fungsi, Strategi. |
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 410 Linguistik > 410 Linguistik |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Sastra > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 15:09 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 15:09 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5054 |
Actions (login required)
View Item |