Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Melalui Media Roda Pelangi Untuk Meningkatkan Karakter Fairness Siswa Kelas Xi Di SMA Nahdlatul Ulama Kepanjen

Goran, Veronika Bota (2021) Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Melalui Media Roda Pelangi Untuk Meningkatkan Karakter Fairness Siswa Kelas Xi Di SMA Nahdlatul Ulama Kepanjen. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Karakter Fairness adalah bentuk perilaku individu yang ditunjukkan dengan, menghargai sesama yakni berteman dengan siapa saja,berperilaku taat aturan yakni patuh terhadap aturan yang berlaku,berperilaku melakukan segala sesuatu sendiri yakni bertanggung jawab atas perilaku yang dilakukan dan tidak menggunakan orang lain untuk menutupi perilaku salah yang dilakukan,berpikir terbuka yakni senang berdiskusi dan bermusyawarah dengan berbagai pihak yang berbeda pendapat.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan permainan simulasi melalui roda pelangi sebagai pengganti media belajar yang lebih bervariasi dari pada media biasa yang digunakan untuk meningkatkan Karakter Fairness siswa kelas Xi di SMA Nahdlatul Ulama Kepanjen. Peneliti ini menggunakan rancangan pre-eksperimental design, design yang digunakan one group pre-test-post-test design. Subyek penelitian merupakan siswa SMA Nahdlatul Ulama Kepanjen yang memiliki tingkat karakter Fairness berjumlah 8 siswa yang telah dipilih dari hasil purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala karakter fairness. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang Wilcoxon dengan bantuan SPPS windows 24.0. Hasil penelitian menunjukkan dari data awal diperoleh 8 siswa mengalami karakter Fairness dengan uraian 8 siswa tersebut berada pada kategori rendah dan setelah diberikan permainan simulasi melalui media roda pelangi mengalami peningkatan yaitu 6 siswa berada pada kategori tinggi dan 2 siswa berada pada kategori sedang Hasil uji tes statistik uji Wilcoxon diperoleh Zhitung ≤ Ztabel (52.5 ≤ 2527), nilai asymptotik sig.(2-tailed) untuk uji dua arah sebesar 0,05 karena sig ≤ 0.012, ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.artinya bimbingan kelompok dengan teknik simulasi permainan roda pelangi efektif untuk meningkatkan karakter fairness siswa SMA Nahdlatul Ulama Kepanjen. Dengan demikian bimbingan kelompok dengan teknik simulasi permainan roda pelangi ini efektif untuk meningkatkan karakter fairness, oleh sebab itu dapat dijadikan alternatif bagi praktisi bimbingan dan konseling dalam melaksanakan bimbingan untuk meningkatkan karakter fairness. Dengan media ini juga siswa mengalami perubahan perilaku setelah diberikan treatment sehingga penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi peneliti lain dalam melakukan bimbingan yang bertujuan meningkatkan karakter fairness siswa. Saran dalam penelitian ini adalah 1) Bagi Praktisi bimbingan dan konseling adalah,Harus lebih jelih memahami masalah karakter fairness yang dialami siswa Berdasarkan hasil penelitian teknik simulasi permainan roda pelangi efektif meningkatkan karakter fairness siswa dan teknik simulasi permainan ini bisa dijadikan sebagai pengganti media yang biasa digunakan oleh guru agar karakter fairness siswa yang rendah dapat teratasi.2) Bagi peneliti selanjutnya yakni Dapat dijadikan rujukan bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian serupa yang bertujuan mengatasi karakter fairness siswa. Diperlukan upaya yang berkelanjutan dan terukur untuk mengetahui dan meningkatkan karakter fairness siswa. Pengembangan media permainan roda pelangi tidak hanya diterapkan pada karakter fairness siswa saja namun bisa untuk masalah lainnya, sehingga dengan permainan roda pelangi sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok, teknik simulasi permainan roda pelangi, karakter fairness
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 22 Feb 2023 15:06
Last Modified: 22 Feb 2023 15:06
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item