Efektifitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Yang Berasal Dari Manggarai

Dahul, Eleonora Sunarti (2022) Efektifitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Yang Berasal Dari Manggarai. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Disiplin adalah suatu perilaku peserta didik yang terbentuk melalui proses dari serangkaian kebiasaan yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban berdasarkan aturan nilai norma. Peserta didik yang memiliki disiplin akan menunjukan ketaatan dan keteraturan terhadap peranya sebagai seorang pelajar yaitu pelajar secara terarah dan teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan mahasiswa universitas PGRI kanjuruhan malang yang berasal dari manggarai. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan jenis one group pre-test dan post-test design dan teknik pengambilan subjek penelitiannya adalah purposive sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah lima mahasiswa yang diperoleh berdasarkan hasil pre-test. Instrument penelitian ini menggunakan skala kedisiplinan serta pedomaan konseling kelompok. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic-nonparametrik dengan uji jenjang tanda wilcoxon (wilcoxon’s signed rank test), yang diolah dengan bantuan SPSS 22.0 For Windows. Hasil analisis uji wilcoxon dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa Zhitung adalah -2,032 dan sig (2-tailed) adalah 0,042. jika probabilitas > 0,05 maka Ho (nol hypotesis) diterima, H1 (alternatif hyptesis) jika probabilitas < 0,05 maka Ha ditolak maka HO (nol hypotesis) ditolak dan H1(alternatif hypotesis) diterima. Jadi dari hasil uji wilcoxon menunjukan bahwa sig(2-tailed) 0,042 < 0,05 artinya teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan mahasiwa. Selain itu juga terdapat perbedaan skor rata-rata pre-test dan post-test dimana hasil rata-rata yang diperoleh pre-test sebesar 40,2 dan post-test sebesar 63,2 Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan pemberian teknik self management efektif untuk meningkatkan kedisiplinan. Saran untk peneliti selanjutnya lebih selektif lagi dalam memilih sampel penelitian agar memperoleh hasil penelitian yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teknik Self Management, Kedisiplinan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 22 Feb 2023 15:02
Last Modified: 22 Feb 2023 15:02
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5079

Actions (login required)

View Item View Item