Pengembangan Panduan Permainan Tradisional Sepa Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Sama Siswa SD Di Kota Malang

Cunha, Magdalena Febrianti Da (2021) Pengembangan Panduan Permainan Tradisional Sepa Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Sama Siswa SD Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Karakter kerjasama perlu ditingkatkan sejak dari kecil agar anak-anak mampu berkembang dalam aspek perkembangan sosial. Kerjasama merupakan sikap saling mendekati untuk mengurus kepentingan bersama dan tujuan yang sama. Dengan demikian, maka kemampuan kerjasama sangat penting dimiliki oleh anak, karena anak dapat saling berinteraksi dan saling membantu untuk mewujudkan tujuannya. Selain itu, pada proses bekerjasama anak dapat mengembangkan kemampuan sosial emosionalnya seperti anak belajar tanggung jawab, berbagi, saling membantu dan berinteraksi dalam menyelesaikan masalah dalam kelompok. Tujuan pengembangan menghasilkan suatu produk dalam bentuk permainan tradisional sepa untuk mendukung proses bimbingan dan konseling serta menunjang kegiatan pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan karakter kerjasama siswa. Metode penelitian ini adalah pengembangan panduan permainan tradisional sepa untuk meningkatkan karakter kerjasama siswa yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983: 567) yang telah disederhanakan menjadi 7 tahap yang disesuaikan dengan kondisi lapangan dan kebutuhan peneliti. Tahap penelitian dimulai dari tahapan (1) Perencanaan, (2) Pengembangan produk, (3) Uji Ahli Materi BK, Uji Ahli Media, Uji Ahli PGSD, (4) tahap revisi produk , (5) Uji Coba pengguna produk, (6) Panduan permainan tradisonal sepa untuk meningkatkan karakter kerjasama siswa SD, (7) Produk pengembangan panduan permainan tradisional sepa untuk meningkatkan karakter kerjasama siswa SD. Pengembangan panduan diuji validitas oleh ahli materi bimbingan dan konseling, ahli media bimbingan dan konseling, ahli PGSD dan calon pengguna produk. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli materi bimbingan dan konseling, panduan permainan tradisional sepa untuk meningkatkan karakter kerjasama siswa SD yang memperoleh skor rata-rata dari tingkat ketepatan 3,75 (sangat tepat), tingkat kegunaan 3,6 (sangat guna), tingkat kemudahan 3,4 (sangat mudah), tingkat kemenarikan 3,4 (sangat menarik). Pada hasil penilaian uji ahli media memperoleh skor rata-rata tingkat ketepatan 4 (sangat tepat), tingkat kegunaan 4 (sangat berguna), tingkat kemudahan 4, tingkat kemenarikan 3 (menarik). Sedangkan pada hasil penilaian uji ahli PGSD memperoleh skor rata-rata tingkat ketepatan 3,7 (sangat tepat), tingkat kegunaan 3,6 (sangat berguna), tingkat kemudahan 3,75 (sangat mudah), tingkat kemenarikan 3 (menarik). Hasil penilaian ujipengguna produk (konselor/ guru pembimbing) panduan memperoleh skor rata-rata dari tingkat ketepatan 3,5 (sangat tepat), tingkat kegunaan 4 (sangat guna), tingkat kemudahan 3,25 (sangat mudah), tingkat kemenarikan 3,2 (sangat menarik). Berdasarkan skor nilai yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa produk panduan permainan tradisional sepa untuk meningkatkan karakter kerjasama ini layak untuk digunakan. Dari hasil penelitian pengembangan ini, disarankan kepada guru di SDN Lesanpuro 2 Malang untuk menggunakan panduan ini dalam pemberian layanan informasi kepada siswa kelas V dalam meningkatkan karakter kerjasama dan untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan perangkat permainan tradisional sepa yang dihasilkan dengan melakukan uji coba kepada kelompok kecil yang cangkupanya lebih luas untuk mengetahui efektifitas panduan ini dalam ruang lingkup yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional Sepa, Karakter Kerjasama, Siswa SD
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 22 Feb 2023 15:02
Last Modified: 22 Feb 2023 15:02
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5080

Actions (login required)

View Item View Item