Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rebt Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Korban Verbal Bullying Di SMPN 4 Mbeliling

ahyuningsi, Maria Avelanti (2022) Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rebt Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Korban Verbal Bullying Di SMPN 4 Mbeliling. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Percaya diri merupakan sikap positif seorang individu yang kemampuan dirinya untuk mengembangkan nilai positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yaang dihadapinya. Kurang percaya diri dapat menghambat pengembangan potensi diri. Siswa korban bullying yang memiliki rasa percaya diri rendah akan bersikap malu - malu, canggung, tidak berani mengemukakan ide-idenya, serta ragu-ragu dalam membuat keputusan sulit untuk menerima dirinya secara tulus dan selalu membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Jika tidak diberi bantuan, mahasiswa dengan tanggung jawab akademik yang rendah tidak akan mengalami perubahan dalam sikapnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Konseling Kelompok REBT Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Korban Verbal Bullying di SMPN 4 Mbeliling. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan jenis one group pre-test dan post-test design dan teknik pengambilan subjek penelitiannya adalah purposive sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 siswa yang diperoleh berdasarkan hasil pre-test. Instrument penelitian ini menggunakan skala percaya diri serta pedomaan treatment konseling kelompok REBT. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic-nonparametrik dengan uji jenjang tanda wilcoxon (wilcoxon’s signed rank test), yang diolah dengan bantuan SPSS 22.0 For Windows. Hasil analisis uji wilcoxon dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa Zhitung adalah 4,941 dan sig (2-tailed) adalah 0,000. jika probabilitas > 0,05 maka Ho (nol hypotesis) diterima, H1 (alternatif hyptesis) jika probabilitas < 0,05maka Ha ditolak maka HO (nol hypotesis) ditolak dan H1(alternatif hypotesis) diterima. Jadi dari hasil uji wilcoxon menunjukan bahwa sig(2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya konseling kelompok REBT efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa korban verbal bullying di SMPN 4 Mbeliling. Selain itu juga terdapat perbedaan skor rata-rata pre-test dan post-test dimana hasil rata-rata yang diperoleh pre-test sebesar 53,2 dan post-test sebesar 88,2. Sehingga berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa pemberian konseling kelompok REBT ini efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa korban verbal bullying. Saran untk peneliti selanjutnya lebih selektif lagi dalam memilih sampel penelitian agar memperoleh hasil penelitian yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Konseling Kelompok, Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 22 Feb 2023 15:02
Last Modified: 22 Feb 2023 15:02
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5081

Actions (login required)

View Item View Item