Keefektifan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa Manggarai Di Universitas Kanjuruhan Malang

Juita, Bergita Dewi Rati (2021) Keefektifan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa Manggarai Di Universitas Kanjuruhan Malang. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Tanggung jawab akademik merupakan sikap perilaku individu dalam melakukan kewajiban akademiknya. Kewajiban akademik tersebut berupa tugas tugas dalam akademik, seperti belajar,mengerjakan tugas/mengerjakan ujian sendiri, tidak menunda-nunda dalam mengerjakan tugas serta rajin dalam mengikuti perkuliahan. Individu yang mempunyai tanggung jawab rendah terhadap akademik akan menghambatnya dalam mencapai aktualisasi potensi akademik yang maksimal. Jika tidak diberi bantuan, mahasiswa dengan tanggung jawab akademik yang rendah tidak akan mengalami perubahan dalam sikapnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa Manggarai Di Universitas Kanjuruhan Malang. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental dengan jenis one group pre-test dan post-test design dan teknik pengambilan subjek penelitiannya adalah purposive sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah tujuh mahasiswa yang diperoleh berdasarkan hasil pre-test. Instrument penelitian ini menggunakan skala tanggung jawab akademik serta pedomaan treatment konseling kelompok realita. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic-nonparametrik dengan uji jenjang tanda wilcoxon (wilcoxon’s signed rank test), yang diolah dengan bantuan SPSS 22.0 For Windows. Hasil analisis uji wilcoxon dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa Zhitung adalah -2,371 dan sig (2-tailed) adalah 0,018. jika probabilitas > 0,05 maka Ho (nol hypotesis) diterima, H1 (alternatif hyptesis) jika probabilitas < 0,05 maka Ha ditolak maka HO (nol hypotesis) ditolak dan H1(alternatifhypotesis) diterima. Jadi dari hasil uji wilcoxon menunjukan bahwa sig(2-tailed) 0,018 < 0,05 artinya konseling kelompok realita efektif untuk meningkatkan tanggung jawab akademik mahasiswa.Selain itu juga terdapat perbedaan skor rata rata pre-test dan post-test dimana hasil rata-rata yang diperoleh pre-test sebesar 87,2 dan post-test sebesar 129,1. Sehingga berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa pemberian konseling kelompok realita ini efektif untuk meningkatkan tanggung jawab akademik. Saran untk peneliti selanjutnya lebih selektif lagi dalam memilih sampel penelitian agar memperoleh hasil penelitian yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Akademik, konseling kelompok, Pendekatan Realita
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:52
Last Modified: 23 Feb 2023 01:52
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5090

Actions (login required)

View Item View Item