Pengembangan Inventori Konsentrasi Belajar Pada Siswa Menengah Pertama Di Kota Malang

Gloria, Diana Jovita (2021) Pengembangan Inventori Konsentrasi Belajar Pada Siswa Menengah Pertama Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Konsentrasi belajar merupakan pemusatan perhatian dalam proses perubahan tingkah laku yang dinyatakan dalam bentuk penguasaan, penggunaan, dan penilaian terhadap atau mengenai sikap dan nilai-nilai pengetahuan dan percakapan dasar yang terdapat dalam berbagai bidang studi. Konsentrasi belajar memiliki 7 indikator yaitu 1) Pemusatan pikiran; 2) Motivasi; 3) Rasa kuatir; 4) Perasaan tertekan; 5) Gangguan pemikiran; 6) Gangguan kepanikan; 7) Kesiapan belajar. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan inventori konsentrasi belajar siswa SMP yang memenuhi standart alat ukur inventori meliputi tingkat validitas, reliabilitas dan penormaan yang memadai, bermanfaat dan mudah digunakan oleh konselor sekolah. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1) melakukan studi pendahuluan (pra survey) dan pengumpulan informasi, (2) melakukan perencanaan, (3) pengembangan Inventori, (4) uji coba lapangan awal, (5) melakukan revisi hasil uji coba, (6) Uji coba produk. Subyek uji lapangan awal adalah ahli Bimbingan dan Konseling, Psikologi, dan ahli Bahasa Indonesia. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu, skala konsentrasi belajar, dan skala penilaian instrument konsentrasi belajar untuk menilai kualitas skala oleh ahli Bimbingan dan Konseling, Psikologi, dan ahli bahasa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reabilitas . Hasil uji coba produk ini yang semula berjumlah 100 item setelah dianalisis terdapat 46 item yang tidak valid sehingga jumlah pernyataan menjadi 54 item pernyataan yang valid. Dari hasil perhitungan SPSS 22.0 diperoleh alpha 0,940 dan dapat disimpulkan bahwa koefisien reabilitas item sangat tinggi. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan inventori konsentrasi belajar ini, karena inventori konsentrasi belajar ini belum mendapatkan hasil produk yang sesuai dengan tujuan pengembangan yang diharapakan. Dikarenakan pada saat penelitian ini, peneliti tidak melaksanakan semua langkah-langkah prosedur pengembangan Borg&Gall, sehingga perlu adanya penelitian selanjutnya agar mendapatkan hasil produk pengembangan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan pengembangan inventori konsentrasi belajar ini lebih lanjut dengan tingkat yang berbeda seperti SD, SMA, dan SMK. Mengingat tingkat perkembangan dan kematangan usia serta proses belajar siswa berbeda dengan SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inventori, konsentrasi belajar, siswa smp.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:52
Last Modified: 23 Feb 2023 01:52
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5091

Actions (login required)

View Item View Item