Efektifitas Konseling Individual Teknik Aversi Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Pada Siswa Di SMA Negeri 2 Lembor Selatan

Ratni, Rofina (2021) Efektifitas Konseling Individual Teknik Aversi Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Pada Siswa Di SMA Negeri 2 Lembor Selatan. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Perilaku agresif adalah perilaku yang dilakukan oleh individu dengan tujuan untuk menyakiti, menyerang dan melukai individu lain, objek lain bahkan pada dirinya sendiri. Siswa SMA Negeri 2 Lembor Selatan yang memiliki kebiasaan berperilaku agresif perlu diberikan layanan konseling individual agar dapat menghambat perilaku agresifnya. Banyak teknik dalam bimbingan dan konseling yang dapat digunakan untuk mengurangi perilaku agresif pada siswa. Salah satunya adalah teknik aversi. Teknik aversi adalah metode-metode yang membawa orang-orang pada tingkah laku yang tidak diinginkan terhambat kemunculannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Konseling Individiual dengan menggunakan teknik aversi untuk mengurangi perilaku agresif pada siswa di SMA Negeri 2 Lembor Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design, subjek penelitian adalah 3 siswa yang mempunyai perilaku agresif tinggi. Dengan menggunakan skala perilaku agresif serta pedoman treatment konseling individual. Hasil penelitian adalah : (1) perilaku agresif siswa sebelum pemberian treatment skor rata-rata mencapai 91,3. (2) perilaku agresif setelah pemberian treatment skor rata-rata megalami penurun mencapai 61,6. (3) melalui hasil uji hipotetis menggunakan hasil uji wilcoxon dihasilkan nilai Zhitung sebesar -1,604 dengan nilai signifikansi 0,109. Oleh karena itu signifikansi Zhitung sebesar 0,109 (sig < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik aversi efektif untuk mengurangi perilaku agresif pada siswa di SMA Negeri 2 Lembor Selatan. apat disimpulkan bahwa terdapat pengurangan skor perilaku agresif pada siswa dari sebelum dan sesudah diberikan treatment atau pengaplikasian teknik aversi yang diberikan oleh peneliti kemudian dilaksanakan oleh setiap subjek penelitian (Siswa kelas X B). Perubahan perilaku siswa seperti hilangnya kebiasaan mengganggu teman didalam kelas, berkelahi dengan siswa kelas lain, mengadu domba dan tidak berkata kasar didalam kelas maupun diluar kelas. Dianjurkan kepada konselor agar dapat menggunakan teknik aversi sebagai salah satu teknik untuk memberikan layananan bimbingan dan konseling. Karena hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa pemberian koseling individual dengan teknik aversi efekti untuk mengurangi perilaku agresif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teknik Aversi, Perilaku Agresif.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:52
Last Modified: 23 Feb 2023 01:52
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5093

Actions (login required)

View Item View Item