Pengembangan Panduan Penerapan Media Photovoice Dengan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas VIIi SMP Islam Al-Faqih

Muslihah, Siti (2021) Pengembangan Panduan Penerapan Media Photovoice Dengan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas VIIi SMP Islam Al-Faqih. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Kemampuan Empati ditunjukkan dengan adanya sikap mampu memahami, merasakan apa yang dirasakan dan dialami oleh orang lain. Sedangkan di SMP Islam Al Faqih terdapat problem yang berkaitan dengan sikap empati. Seperti sikap acuh dan tidak peduli kepada orang lain yang mengalami kesulitan. Maka dari itu diperlukannya peningkatan empati salah satunya dengan media photovoice, sebagai media layanan di sekolah. Photovoice adalah salah satu media layanan untuk siswa belajar secara kelompok dengan menggunakan fotografi tertentu untuk menyampaikan pesan visual yang diikuti dengan cerita dari gambar tersebut untuk meningkatkan kreativitas dan keefektifan dalam pembelajaran (Ulviatun, 2016; Padilla & Christensen, 2011). Tujuan dilaksanakannya pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa buku panduan penerapan media photovoice yang berisikan instruksi yang harus dilakukan oleh konselor kepada siswa selama kegiatan layanan Bk berlangsung. Model pengembangan yang digunakan adalah model Research and development (R&D) dari Borg and Gall dengan 10 tahapan yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) Planning (perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) evisi hasil uji coba, 6) uji lapangan produk utama, 7) revisi produk, 8) uji coba lapangan skala luas, 9) revisi produk final, 10) Desiminasi dan implementasi. Namun dalam penelitian ini hanya dilakukan dengan 5 tahapan, karena mengingat waktu yang sangat terbatas. Adapun 5 tahapan tersebut adalah : 1) pengumpulan informasi, 2) menentukan tujuan, 3) desain produk, 4) uji ahli dan uji pengguna, 5) produk akhir. enilaian dilakukan oleh ahli Bimbingan dan Konseling, dan penilaian konselor. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah angket untuk penilaian uji ahli dan uji calon pengguna produk. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media didapatkan skor rata-rata 3,6. Maka buku panduan dinilai sudah sesuai teori, sangat bermanfaat, sangat berguna, sangat layak, sangat patut, sangat tepat, sangat sesuai, dan sangat menarik. Sedangkan Berdasarkan penilaian calon pengguna produk (konselor) didapatkan skor rata-rata sebesar 3,4. Maka Buku panduan dinilai sudah sesuai teori, sangat bermanfaat, sangat berguna, sangat layak, sangat tepat, sangat sesuai, dan sangat menarik untuk dipergunakan konselor dalam pemberian layanan Bk untuk siswa SMP. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan Buku panduan yang dihasilkan dengan melakukan uji coba lapangan kepada siswa untuk mengetahui tingkat efektifitasnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Empati, Layanan Bimbingan kelompok, Photovoice
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:52
Last Modified: 23 Feb 2023 01:52
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item