Efektifitas Konseling Kelompok Analisis Transaksional Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII- A Di SMPN 2 Ampelgading

Musrikah, Musrikah (2021) Efektifitas Konseling Kelompok Analisis Transaksional Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII- A Di SMPN 2 Ampelgading. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang berlangsung di antara dua orang atau lebih yang mempunyai hubungan yang mantap dan jelas. Komunikasi interpersonal sangat penting agar siswa lebih terampil dalam berkomunikasi, lebih terbuka dalam menerima informasi sehinggga dapat memenuhi kebutuhannya dalam berinteraksi dengan sesama.Untuk dapat meningkatkan komunikasi Interpersonal siswa adapat dibantu dengan pendekatan analisis transaksional.Pendekatan analisis transaksioanal ini menekankan pada aspek kognitif, rasional dan tingkah laku yang dikembangkan oleh Eric Berne (1950).Konseling kelompok analisis transaksional diterapkan karena sangat mudah serta dapat melatih konseli untuk lebih sadar akan keputusan mereka.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas Konseling Kelompok Analisis Transaksional untuk meningkatkan keterampilan Komunikasi Interpersonal siswa Kelas VII-A di SMPN 2 Ampelgading. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain sample one-group pretest and postest design. Populasi dalam penlitian ini adalah 12 peserta didik kelas VII-A SMPN 2 Ampelgading yang terindikasi memiliki mampuan komunikasi interpersonal sedang dan rendah. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang didasarkan pada pertimbangan atau kriteria tertentu yang ditetapkan oleh peneliti. Instrumen penelitian menggunakan skala ketrampilan komunikasi interpersonal data dianalisis menggunakan analisis wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan perubahan skor pada skala komunikasi interpersonal peserta didik dari rata-rata hasil pretest sebesar 140 menjadi 168, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil perhitungan sebagai berikut, probabilitas (Asymp.Sig) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha Ha ditolak.Nilai probabilitas (asymp.Sig) sebesar 0,005 karena nilai asymp. Sig (2-tailed) < 0,05 atau 0,002 < 0,05 atau H0 ditolak, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji wilcoxon signed ranks test dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai pretest dan posttest yang signifikan pada pengisian skala komunikasi interpersonal kelompok eksperimen maka, konseling kelompok analisis transaksioanl efektif untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi interpersonal siswa. Dengan adanya perbedaan nilai pretest dan postest maka, saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan lebih memperbanyak sample sebagai pendukung penelitian ketrampilan komunikasi interpersonal agar data yang dihasilkan lebih kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Komunikasi Interpersonal, Konseling Kelompok, Analisis Transaksional
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:51
Last Modified: 23 Feb 2023 01:51
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5101

Actions (login required)

View Item View Item