Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Peran Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Di SMP

Mayang, Rosalia Evelina (2022) Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Peran Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Di SMP. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Perilaku prososial adalah tindakan individu untuk menolong orang lain tanpa adanya keuntungan langsung bagi penolong dan perilaku yang mempunyai tingkat pengorbanan tertentu yang tujuannya memberikan keuntungan bagi orang lain,baik fisik maupun psikologis, demi menciptakan perdamaian dan meningkatkan toleransi hidup terhadap sesama, namun tidak ada keuntungan yang jelas bagi individu yang melakukan tindakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa SMP. Peneliti menggunakan rancangan pre-eksperimental design, desain yang digunakan IIdalam IIpenelitian IIini IIadalah IIone-group Iipre-test-post-test. Subjek penelitian merupakan siswa SMP Negeri 2 Wagir yang memiliki tingkat perilaku prososial rendah berjumlah 10 siswa yang telah dipilih dari hasil purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku prososial. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang wilcoxon dengan bantuan SPSS windows 22. Hasil penelitian menunjukkan dari data awal diperoleh 10 siswa mengalami perilaku prososial kategori rendah dan setelah diberikan teknik bermain peran mengalami peningkatan yaitu 9 siswa berada pada kategori tinggi dan 1 siswa berada pada kategori sedang. Hasil uji tes statistik Zhitung adalah - 2,805 dan sig (2-tailed) adalah 0,005 jadi hasil dari uji wilcoxon menunjukkan bahwa sig (2-tailed) 0,005 < 0,05 ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. yang artinya Bimbingan kelompok teknik bermain peran efektif untuk meningkatkan perilaku prososial siswa kelas VIII E di SMPN 2 Wagir. Dengan demikian bimbingan kelompok teknik bermain peran ini efektif untuk meningkatkan perilaku prososial, dan dapat dijadikan alternatif bagi praktisi bimbingan dan konseling dalam melaksanakan bimbingan untuk meningkatkan perilaku prososial. Saran dalam penelitian ini adalah 1) Bagi konselor hendaknya menggunakan teknik bermain peran sebagai salah satu teknik untuk meberikan Layanan Bimbingan K elompok. 2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan teknik bermain peran ini karena dapat dijadikan alternatif bahan untuk penelitian selanjutnya. Mengembangkan permainan peran yang bervariasi dan menarik sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal, Lebih mendalami lagi tentang teknik bermain peran, dan dapat dijadikan rujukan dalam melakukan penelitian serupa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Permainan Peran, Perilaku Prososial
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:51
Last Modified: 23 Feb 2023 01:51
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5103

Actions (login required)

View Item View Item